oleh

Plt Bupati Minta RKPD Tahun 2021 Harus Tepat Sasaran

INDRAMAYU- Seluruh pihak mulai dari unsur perangkat daerah, camat, kuwu dan lurah  diajak untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan optimal sehingga bisa meningkatakan kesejahteraan masyarakat.

Permintaan itu disampaikan Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), di Aula Nyi Endang Dharma Ayu Unwir Indramayu, Rabu (11/3)

“Saya mengajak kepada seluruh elemen untuk mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang berkualitas dan tepat sasaran, guna terwujudnya masyarakat Indramayu lebih religius maju mandiri dan sejahtera,” ujar Taufik.

Dijelaskan Taufik, Musrenbang RKPD tahun 2021 merupakan transisi RPJMD Tahun 2016-2021 sebagai landasan program dan kegiatan Pemkab Indramayu yang diharapkan, segala pelaksanaan program pembangunan kedepan semakin lebih baik serta efektif.

Terlebih, kata mantan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu ini, perhatian perencanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas dalam upaya penurunan angka kemiskinan, angka pengangguran kemudian meningkatnya laju ekonomi dan IPM Indramayu yang kian membaik. “Angka kemiskinan di Indramayu di tahun 2019 mengalami penurunan dan di bawah target dari provinsi yakni, semula 11,89% menjadi 11, 11%. Artinya, satu digit di bawah target Provinsi Jawa Barat. Sementara perekonomian di Indramayu saya nyatakan membaik walau pun kita harus bekerja keras untuk terus meningkatkan laju perekonomian kita ini,” paparnya.

Taufik juga berharap kepada stakeholder terkait khususnya di lingkungan instansi kerja Pemkab Indramayu untuk tidak mengusulkan program perencanaan pembangunan di tengah jalan. Pasalnya, program pembangunan sebelumnya sudah masuk ke dalam sistem perencanaan. “Saya tidak mau di tahun 2021  ada lagi pengajuan anggaran di tengah jalan, karena sudah masuk kedalam sistem perencanaan. Sehingga nanti apabila sudah diketok palu oleh DPRD kami sudah tidak mau menanda tangani pengajuan-pengajuan yang di luar sistem perencanaan,” harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dady Iskandar, saat menyampaikan sambutan Gubernur Ridwan Kamil mengatakan,  berdasarkan sasaran makro pembangunan isu strategis dan prioritas pembangunan daerah, rencana pembangunan di Kabupaten  Indramayu meliputi peningkatan SDM, peningkatan layanan dasar, peningkatan ekonomi masyarakat, penataan dan pembangunan obyek wisata bahari, peningkatan pemererataan pembangunan infrastruktur strategis dan peningkatan layanan publik dan pembangunan sarana dan prasarana pemerintah daerah.

“Proyek strategis Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Indramayu adalah pembangunan pariwisata tipe II yang berlokasi di Karangsong, kemudian penataan alun-alun Kabupaten Indramayu, pembangunan pusat budaya, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan dan pengadaan alat kesehatan di beberapa puskesmas,” paparnya.

Dady menekankan pentingnya sinergi antara semua tingkatan pemerintahan dalam mengimplementasikan program pembangunan sesuai RKPD. Ini  sebagai penjabaran dari RPJMD yang patut dilaksanakan di semua tingkatan sesuai kewenangannya.

“Saya mengajak seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu agar melakukan sinergi dan kolaborasi dalam menerapkan rencana program pembangunan dengan cara-cara baru atau inovasi untuk mendukung Jabar Juara Lahir Batin,” tegasnya. (oet)

 

News Feed