oleh

Ratusan Siswa Ikuti Kompetisi Sains Nasional

INDRAMAYU-Sebanyak 600-an siswa SMA dan MA negeri dan swasta mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat Kabupaten Indramayu. Kegiatan yang berlangsung di SMAN 1 Indramayu ini dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Jawa Barat, Dewi Nurhulaela, Selasa (10/3).

Dewi mengatakan, KSN ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang wajib dilaksanakan. Meski namanya berganti-ganti, dulu Olimpiade Siswa Nasional (OSN) dan sekarang menjadi KSN, namun tujuannya adalah sama. Yakni sebagai ajang seleksi siswa terbaik di bidang mata pelajaran masing-masing, mulai dari Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, Informatika, dan Geografi. “Hasil seleksi di tingkat kabupaten ini dikirim ke provinsi. Kemudian yang terbaik akan dikirim ke tingkat nasional, hingga internasional,” kata Dewi.

Dikatakannya, seleksi siswa terbaik di bidang mata pelajaran ini dilakukan secara serentak di tingkat nasional. “Jadi dijamin objektif dan tidak akan ada permainan,” ujarnya.

Dewi mengapresiasi pelaksanaan KSN di Kabupaten Indramayu yang berjalan lancar, karena para kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA sangat kompak. Begitu juga dengan para guru yang tergabung dalam MGMP semuanya kompak.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA Kabupaten Indramayu, Setyo Adisapto didampingi Ketua Panitia KSN SMA/MA Kabupaten Indramayu, Edi Kanedi mengaku bangga karena jumlah peserta KSN tahun 2020 ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif untuk mendorong siswa agar lebih giat belajar, untuk meningkatkan kemampuan akademis. “Mudah-mudahan tahun ini ada siswa dari Indramayu yang bisa lolos ke tingkat provinsi bahkan nasional,” harap Setyo. (oet)

News Feed