oleh

Calhaj Kursiyah Urus Dokumen Langsung Jadi

INDRAMAYU-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu terus membuat terobosan di bidang pelayanan administrasi kependudukan. Program inovasi dibuat sebagai upaya semakin memudahkan masyarakat Kabupaten Indramayu dalam mengurus dokumen-dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Mohamad Iskak Iskandar SSos MM menjelaskan, salah satu program yang kini gencar dilaksanakan adalah Laboling D’Ayu. Pada program ini, pihaknya melayani perekaman KTP elektronik, pelayanan kartu keluarga (KK), pelayanan akta kelahiran, dan pelayanan akta kematian. “Untuk KTP elektronik akan keluar dalam bentuk surat keterangan. Sementara dokumen lainnya bisa langsung jadi di tempat saat itu juga,” ungkapnya kepada Radar Indramayu, Selasa (10/3).

Ia menambahkan, upaya jemput bola dilakukan Disdukcapil sebagai langkah untuk menjangkau masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Karena hingga kini, masih banyak masyarakat di Kabupaten Indramayu yang belum melakukan perekaman KTP elektronik maupun dokumen lainnya.

“Karena berbagai aktivitas dan kesibukan, masyarakat kadang lalai untuk mengurus dokumen kependudukan yang sebenarnya sangat penting bagi mereka. Dengan jemput bola ini, kami berharap akan semakin menjangkau masyarakat hingga ke pelosok desa,” imbuhnya.

Khusus bagi calon jamaah haji (calhaj), pihaknya mengaku memberikan perhatian khusus. Sehingga mereka yang akan mengurus dokumen sebagai persyaratan keberangkatan haji, tidak terkendala dengan waktu proses penerbitan dokumen. “Kami berikan prioritas bagi calhaj yang mengurus dokumen sebagai persyaratan keberangkatan haji. Ini sebagai sumbangsih kami, untuk turut serta menyukseskan penyelenggaraan haji 2020,” tandasnya.

Sementara itu, Kursiyah (75), warga Desa Rawadalem Kecamatan Balongan, mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kabupaten Indramayu. Calhaj asal Desa Rawadalem Kecamatan Balongan ini, tengah membutuhkan dokumen akta kelahiran sebagai salah satu syarat dokumen keberangkatan haji. “Alhamdulillah prosesnya sangat cepat dan tidak dipungut biaya, sehingga akta kelahiran saya bisa langsung jadi. Terima kasih kepada petugas dan Disdukcapil yang telah memberikan pelayanan dengan sangat baik. Saya sangat puas,” pungkasnya. (oni)

News Feed