oleh

Bawaslu Siap Awasi Proses Verifikasi

INDRAMAYU-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu siap untuk melakukan pengawasan tahapan pilkada Indramayu 2020. Salah satu momen atau tahapan yang tedekat adalah verifikasi administrasi dan verifikasi faktual dukungan calon bupati perseorangan.

Seperti diketahui, pilkada Indramayu 2020 akan diikuti oleh pasangan calon perseorangan, Toto Sucartono-Dheis Handika, dan saat ini dalam tahapan verifikasi.

“Kami dari Bawaslu tentunya akan mengawasi pelaksanaan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, terhadap berkas dukungan calon perseorangan,” kata Kordiv Pengawasan Bawaslu Kabupaten Indramayu, Supriadi SH, di sela-sela acara Rapat Kerja Teknis Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020, Selasa (10/3), di Hotel Trisula Indramayu.

Supriadi menjelaskan, Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ini diikuti oleh panwaslu kecamatan, divisi pengawasan, serta divisi penindakan pelanggaran. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi terhadap tahapan pengawasan, yaitu tahapan pencalonan calon perseorangan,” terang Supriadi.

Dikatakannya, melalui rakernis ini, panwascam diharapkan bisa menyamakan persepsi dan strategi, serta langkah apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas ini.

Terkait pengawasan terhadap verifikasi faktual (verfak), kata Supriadi, rencananya bawaslu akan ada dua kemungkinan. Bisa langsung door to door mengikuti petugas KPU, atau bisa menggunkan sampling.

Supriadi juga berharap, petugas verfak itu tidak banyak pertanyaan yang membuat orang kebingunan. Cukup pastikan orang itu mendukung atau tidak. Apabila tidak, tentunya harus menandatangani surat pencabutan dukungan. “Kita berupaya memetakan antara KTP dengan surat pernyataan dukungan, apakah identik atau tidak. Datanya benar atau tidak? Ini menjadi modal awal untuk melakukan verifikasi faktual,” tandasnya. (oet)

News Feed