oleh

KPU Selektif Pilih Anggota PPS

INDRAMAYU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu diingatkan agar rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilakukan lebih selektif. Seleksi ketat mesti diberlakukan agar penyelenggaraan Pilkada Indramayu 2020 berjalan dengan baik.

“KPU harus memperhatikan rekam jejak calon anggota PPS dengan mengutamakan profesionalitas. Latar belakangnya harus benar-benar dicek. Bila diperlukan, aktivitas dimedia sosialnya ditracking,” saran Hadi, pemerhati pilkada asal Kecamatan Kroya, Jumat (6/3).

Sebagaimana diketahui, saat ini KPU Indramayu tengah melaksanakan tahapan pembentukan PPS untuk penyelenggaran pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2020. Ribuan orang mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi adminstrasi untuk kemudian mengikuti tes tertulis yang baru saja dilaksanakan.

Menurut Hadi, peran dan tugas PPS sangat penting. Sehingga yang terpilih menjadi anggota PPS wajib memegang teguh netralitas. Tidak berapliasi dengan partai politik maupun pendukung kandidat tertentu.

“Hal itu bisa diketahui dari rekam jejak digitalnya di medsos. Dapat dijadikan pertimbangan tentunya, agar jangan sampai menuai masalah dikemudian hari,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyatakan, setelah calon anggota PPS mengikuti berbagai tahapan tes, maka hasilnya akan diumumkan ke publik.

Setelah itu, KPU membuka tahapan tanggapan masyarakat. Demikian pula setelah mereka dinyatakan lolos tes wawancara. “Tanggapan masyarakat ini ada dua tahap. Setelah pengumuman hasil tes tertulis dan tes wawancara. Belum selesai, setelah itu ada klarifikasi tanggapan masyarakat,” ujarnya. (kho)

News Feed