oleh

Dinkes Indramayu Ajak Terapkan PHBS lewat Senam Germas

INDRAMAYU – Berbagai upaya dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dalam meningkatkan angka kesehatan penduduk Kabupaten Indramayu. Seperti yang dilakukan Puskesmas Lohbener, mengajak masyarakat agar dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) lewat senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Jumat (6/3).

Upaya tersebut dilakukan setiap hari, mulai mengajak pasien dan warga yang datang untuk berobat, maupun dilakukan secara langsung terjun ke setiap desa melakukan senam Germas bersama masyarakat. Apalagi saat ini dunia sedang di resahkan penyebaran virus Corona (COVID-19), sehingga perilaku hidup bersih dan sehat harus menjadi hal utama diterapkan masyarakat.

Kepala Puskesmas Lohbener, Hj Uswatun Hasanah SST SKM MHkes menyebutkan, berbagai penyakit dapat menyerang masyarakat. Kehadirannya dipicu gaya perilaku hidup masyarakat yang tidak mempedulikan perilaku hidup bersih dan sehat. Maka melalui senam Germas yang gencar dilakukan dapat menyosialisasikan serta mengajak masyarakat untuk peduli dan mulai berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Lewat senam germas ini, kita mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat. Dimulai dari sendiri, dan keluarga. Karena selama ini banyak penyakit menular ataupun yang tidak menular disebabkan faktor lingkungan, dan gaya hidup juga,” kata Uswatun. (oni)

News Feed