oleh

Selanjutnya, 6 Besar Ikuti Tes Wawancara

INDRAMAYU-Sebanyak 554 calon panitia pemungutan suara (PPS) region III yang berasal dari 7 kecamatan yakni, Jatibarang, Widasari, Sliyeg, Bangodua, Tukdana, Kertasemaya, dan Sukagumiwang, sudah mengikuti seleksi tes tulis, Rabu (4/3), di Gedung MUI Jatibarang.

Komisioner KPU Divsosparmas Pendidikan  Pemilihan dan SDM, Dewi Nurmalasari menatakan, pelaksanan tes tulis bagi para calon PPS sesuai dengan time line tahapan rekrutmen PPS. “Secara tahapan pelaksanaan dilakukan serentak, sedangkan waktu pelaksanaannya dibagi enam dapil atau region, hal itu dilakukan memudahkan akses bagi peserta dalam  melakukan tes,” kata Dewi, kemarin.

Dijelaskan Dewi, adanya tes tulis dalam perekrutan calon PPS untuk memastikan calon-calon PPS memiliki pengetahuan dan kemampuan terkait dengan pemahaman kepemiluan dan juga kewenangan-kewenangan tupoksinya terkait tugas-tugas mereka. “Intinya PPS memahami basisnya dulu, punya pengetahuan dan wawasan,” ujarnya.

Ssetelah seleksi tes tulis, sambung Dewi, akan diambil 6 besar untuk tes tahap selanjutnya yakni tes wawancara. “PPS tidak hanya memiliki kemampuan pengetahuan tentang kepemiluan, tetapi beritegritas. Nah, pendalamannya pada sesi wawancara yang didelegasikan pada PPK, tetapi untuk proses penilaiannya ada di KPUD, hanya secara teknis saja didelegasikan ke PPK,” tutur Dewi.

Sementara itu, salah satu peserta tes tulis, Imam mengatakan, tahapan seleksi PPS yang diadakan KPU Indramayu merupakan hal yang baru. Dirinya tak menyangka proses seleksi calon PPS lebih banyak, dimana satu desa bisa lebih dari 6 orang. Imam berharpa, bisa lolos dan menjadi bagian tim untuk menyukseskan pesta demokrasi lokal lima tahunan ini. (oni)

News Feed