oleh

Akhirnya, Tanggul Cimanuk Diperbaiki

INDRAMAYU- Warga Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasamaya kembali bisa tenang. Pasalnya, pihak BBWSCC memalui kontraktor  melakukan perbaikan tanggul yang ambles sedalam 1 meter, Kamis (5/3).

Ketua RW 05, Tambrin mengatakan, perbaikan tanggul oleh pihak kontraktor dilakukan sejak sehari yang lalu dengan menerjunkan alat berat. Dirinya menyambut baik langkah kontraktor yang kembali memperbaiki tanggul yang ambles lagi selama musim penghujan.

Respons cepat itu, kata Tambrin, yang menambah ketakutan warga di Blok Rengaspayung berkurang.

“Saat Tanggul Cimanuk ambles 1 meter, warga takut karena saat bersamaan Cimanuk meluap di atas 800 m3/detik, mengingat kondisi pemukiman tepat berapa di bawah tanggul yang ambles,” ujarnya.

Dikatakan Tambrin, perbaikan tanggul oleh kontraktor adalah hal yang sangat ditunggu dan dinantikan semua warga, karena dengan kondisi tanggul ambles, air luapan Cimanuk dapat membanjiri pemukiman warga.

Warga lainnya, Yanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang peduli akan keluhan masyarakat Blok Rengaspayung, terhadap kondisi tanggul yang rawan. Pihaknya berharap perbaikan tanggul membuahkan hasil yang maksimal. “Kita semua sudah capek, setiap kali hujan deras Sungai Cimanuk meluap selalu dihantui rasa takut tanggul tidak bisa lagi menahan derasnya hantaman arus sungai, sampai setiap malam warga bergantian ronda,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Kertasemaya Widy mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang peduli akan nasib masyarakat di Blok Rengaspayung. Widy juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah swadaya memperbaiki SPAL dan berjaga memantau kondisi tanggul.

“Selama ini warga sangat berperan dalam pemantau kondisi tanggul pagi sampai malam hari. Belum lama, warga swadaya membetulkan saluran pembuangan yang rusak. Semoga perbaikan yang dilakukan pihak kontraktor karena masih dalam masa pemeliharaan, tanggul bisa kuat hingga diperbaiki sampai permanen,” ujarnya. (oni)

News Feed