oleh

Tugas Berat Menanti PPK di Pilkada, Bertekad Wujudkan Kualitas Demokrasi

INDRAMAYU-Tugas berat menanti 155 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2020, yang baru saja dilantik, Sabtu (29/2) lalu. Selain harus melakukan kerja maraton, mereka juga harus mampu mewujudkan kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi, termasuk mencapai target partisipasi masyarakat dalam pilkada sebesar 79,5 persen.

“Tugas PPK memang sangat berat. Mereka harus mampu mambantu tugas-tugas kami di lapangan, tahapan demi tahapan,” kata Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni.

Seperti diketahui, sebanyak 155 anggota PPK yang berasal dari 31 kecamatan itu secara resmi telah dilantik dan diambil sumpahnya pada Sabtu (29/2) lalu di aula salah satu hotel di Indramayu. Dasarnya, yakni Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu Nomor : 304/PP. 04.2-PU/3212/KPU-KAB/II/2020. Isi SK menuangkan tentang penetapan dan pengangkatan calon anggota PPK se-Kabupaten Indramayu.

“Telah dinyatakan lulus dan diterima sebagai anggota PPK pasca klarifikasi tanggapan masyarakat pada Pilkada tahun 2020 pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu,” jelas Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni

Pihaknya mengingatkan, semua anggota PPK memiliki tugas berat sebagai penyelenggara pemilihan. Bahkan, setelah dilantik akan langsung bekerja untuk memverifikasi administrasi dan menyeleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Selain itu perlu diperhatikan target partisipasi pemilih telah ditetapkan yaitu 79,5 persen,” tegasnya.

Dikatakan Toni, keberhasilan Pilkada Indramayu pada 23 September 2020 mendatang bergantung pada kualitas penyelenggara. Sehingga para anggota PPK terpilih harus bisa menjadi penyelenggara yang baik dan sesuai harapan. Dapat dipastikan pula, seluruh masyarakat di Kabupaten Indramayu menunggu hasil kerja terbaiknya demi suksesi Pilkada nanti. “Kepada anggota PPK terpilih, selamat menjadi pelaku sejarah,” ucapnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Dewi Nurmalasari SHI MA berpesan kepada para anggota PPK, tugas dan tanggung jawab yang kini diemban harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Harus kerja dengan baik, terbuka untuk siapapun, kerja penuh integritas. Juga harus bisa menjaga amanah yang diberikan,” tandasnya. (oet)

News Feed