oleh

KPU Gelar Tes Tertulis Anggota PPS

INDRAMAYU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu menggelar tes tertulis serentak terhadap para calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Bupati dan wakil Bupati Indramayu pada Pilkada Serentak tahun 2020, Rabu (4/3).

Pelaksanaan tes mengambil lokasi berbeda yang tersebar di enam wilayah eks kawedanan. Di wilayah eks Kawedanan Haurgeulis, bertempat di GOR Star Jaya Sport Anjatan.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyebutkan, peserta tes adalah mereka yang dinyatakan lolos pada seleksi administrasi. Jumlahnya sebanyak 2.292 orang dari 317 desa/kelurahan se-Kabupaten Indramayu. “Karena jumlahnya banyak dan tidak ada tempat yang bisa menampung, maka pelaksanaan tes tertulis dibagi di enam titik,” katanya.

Dalam tes tertulis ini peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk menjawab 50 soal pilihan ganda. Materi soal ini berkaitan dengan pengetahuan tenteng kepemiluan dan pemilihan, UU Nomor 10 Tahun 2016, PKPU Nomor 3 Tahun 2018, PKPU Nomor 18 Tahun 2019, PKPU Nomor 1 Tahun 2020 dan pengetahuan kewilayahan.

Nantinya, 6 orang calon anggota PPS dari setiap desa/keluharan yang dinyatakan lolos seleksi tertulis ini akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni wawancara yang didelegasikan melalui masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Tapi sebelumnya, setelah diumumkan KPU akan menjaring tanggapan masyarakat. Demikian pula setelah mereka dinyatakan lolos tes wawancara. “Tanggapan masyarakat ini ada dua tahap. Setelah pengumuman hasil tes tertulis dan tes wawancara. Belum selesai, setelah itu ada klarifikasi tanggapan masyarakat,” ujarnya.

Tahapan berikutnya, lanjut Toni, yaitu pelantikan anggota PPS yang dijadwalkan pada 14 Maret mendatang. Setelah itu, mereka langsung bekerja sampain dengan berakhirnya masa tugas Nopember 2020 mendatang. (kho)

News Feed