oleh

K3S Balongan Helat Lomba Seni

INDRAMAYU-Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Balongan menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 tingkat sekolah dasar. Selain sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan, kegiatan dilaksanakan dalam upaya menggali dan mengembangkan potensi siswa peserta didik.

Ketua K3S Kecamatan Balongan, Sunanta MSi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti oleh siswa sekolah dasar. Kegiatan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik.

“Kegiatan akademik ini berupa kompetisi sains dan matematika, olahraga serta kompetisi calistung (membaca, menulis dan berhitung, red). Sementara kegiatan non-akademik, dilaksanakan dengan menggelar festival lomba-lomba seni dan kreativitas siswa,” ungkapnya kepada Radar Indramayu, Rabu (4/3).

Ditambahkannya, kegiatan diikuti oleh perwakilan siswa sekolah dasar di Kecamatan Balongan. Mereka berasal dari 21 sekolah dasar negeri, yang tersebar di 10 desa. “Alhamdulillah hampir sebagian besar turut berpartisiasi mengikuti kegiatan ini. Dari data yang tercatat, tingkat kehadiran tidak kurang dari 85 persen,” imbuhnya.

Menurutnya, K3S Kecamatan Balongan harus bijaksana dalam membagi waktu serta jadwal kegiatan yang dilaksanakan 2 hingga 7 Maret ini. Hal ini dilakukan, untuk menyesuaikan dengan kegiatan akademik di masing-masing sekolah, khususnya menjelang akhir tahun ajaran. “Karena berbagai hal, pembukaan kegiatan yang sedianya akan dilaksanakan 5 Maret, dimajukan pada 2 Maret yang lalu. Karena setelah selesai menggelar try out USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional, red), sekolah juga telah dihadapkan dengan ujian praktik serta pelaksanaan USBN,” tandasnya.

Ia pun berharap, pelaksanaan FLS2N 2020 tidak akan sampai mengganggu kegiatan akademik di masing-masing sekolah. Sehingga sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi diharapkan bisa diwujudkan dalam pelaksanaan FLS2N tahun ini.

“Kami berharap tidak ada kendala sampai akhir kegiatan. Dan untuk diketahui, juara 1 di masing-masing kategori lomba akan mewakili Kecamatan Balongan pada ajang FLS2N tingkat Kabupaten Indramayu,” pungkasnya. (dun)

News Feed