oleh

Raih Juara 2 Olimpiade PAI, Siswa SMPN Satu Atap 2 Krangkeng Ukir Prestasi

INDRAMAYU-Bersekolah di tempat terpencil bukan halangan untuk berprestasi. Hal itu dibuktikan siswa kelas VII SMP Negeri Satu atap 2 Krangkeng, Soni Prianto. Pelajar yang akrab disapa Soni ini berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Olimpiade PAI yang diselenggarakan MGMP SMP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sektor 02, di SMA NU Juntinyuat (Kampus Putih), beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, SMPN Satu Atap 2 Krangkeng terletak di daerah perbatasan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cirebon.

Dalam kegiatan tersebut, peserta terdiri dari perwakilan 10 SMP Negeri dan 28 SMP swasta di Sektor 02. Adapun cabang yang dilombakan meliputi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) untuk putra dan putri, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) Juz 30 untuk putra dan putri, Kaligrafi untuk putra dan putri, lomba adzan untuk putra, lomba karaoke lagu religi untuk putra dan putri, lomba Olimpiade PAI untuk putra dan putri dan lomba Cerdas Cermat Agama (CCA).

“Alhamdulillah dapat piala. Bangga karena bisa menyumbang prestasi untuk  sekolah. Saya bisa menjawab 40 soal dari 50  soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit,” ujar Soni.

Anak pasangan Tarjono dan Naipah ini mengatakan, bisa bersaing dengan peserta dari sekolah-sekolah negeri dan swasta di sektor 02 merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi Soni adalah satu-satunya peserta dari kelas VII, peserta lainnya dari kelas VIII.

Guru pembimbing Soni, Mustofa SPd mengatakan, Soni  mendapatkan juara karena memang anaknya pintar dan rajin, berprestasi di dalam dan luar sekolah. “Alhamdulillah, saya sebagai guru pembimbing hanya mendampingi dan memberikan ilmu, selebihnya Soni sendiri yang berusaha maksimal sehingga mendapatkan juara kedua,” tuturnya.

Prestasi yang diraih anak didiknya merupakan buah dari upaya panjang pihak sekolah. Soni merupakan hasil pembibitan siswa unggul yang mendapatkan porsi latihan khusus. Latihan dilakukan di saat istirahat dan pulang sekolah. “Dari nol kami cari bibit. Kami saring anak-anak  yang memiliki keunggulan di bidang PAI untuk diikutkan lomba. Soal untuk latihan saya ambil dari buku, internet, serta soal PAS dan PAT tahun kemarin,” terang Mustofa.

Kepala SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng, Hj Eti Herawati MPd mengatakan, prestasi yang diraih Soni sangat membanggakan. Sekolahnya pun selalu mengembangkan dan mendukung penuh peningkatan prestasi anak-anak baik akademik maupun non-akademik, termasuk bagi para guru. “Kami mengembangkan potensi anak-anak, memberi bimbingan dan pelatihan. Berharap keberhasilan ini bisa memotivasi teman-teman lainnya menyusul kesuksesan Soni,” jelasnya.

Eti menambahkan, karena keterbatasan anggaran, sekolahnya hanya mengirimkan satu siswa pada cabang lomba Olimpiade PAI. “Prinsip kami biarpun hanya mengirim satu siswa, yang penting berkualitas dan menang,” tegasnya.

Setelah juara di tingkat sektor 02, Soni akan mengikuti Lomba Olimpiade PAI di Tingkat Kabupaten di bulan April. Soni diharapkan bisa meraih hasil yang terbaik di tingkat kabupaten karena mempunyai efek yang bagus untuk SMP Negeri Satu Atap 2 Krangkeng, sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa siswa Satap bisa berprestasi. “Kalau di tingkat kabupaten bisa juara lagi, Insya Allah akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Barat bulan Agustus di Depok,” tuturnya. (oet)

News Feed