oleh

Empat Ekor Rusa Dilepas di Taman Kehati

INDRAMAYU-Empat ekor rusa yang berada di Taman Kehati Indramayu akhirnya bisa bebas bermain, setelah selama satu minggu dikarantina di dalam kandang. Empat ekor rusa yang diberi nama Aura, Kasih, Djaja dan Rambo diepas oleh Corporate Secretary General Manager PT Polytama Propindo, Dwinanto Kurniawan, Selasa (3/3).

Begitu dilepaskan dan keluar dari kandangnya, rusa-sura itu langsung berlarian dan menyusuri setiap sudut dari lahan yang telah disediakan, seolah mencoba untuk mengenali tempat barunya itu. Dengan penuh akrab, mereka menghampiri orang-orang yang ada disekitarnya dengan manja untuk mendapatkan perhatian. Puluhan anak-anak SD yang menyaksikan pelepasan rusa tersebut langsung gembira. Mereka bahkan terlihat asyik memberikan makanan kepada rusa-rusa itu.

Dwinanto menjelaskan, pelepasan rusa ini merupakan rangkaian dari proses konservasi lingkungan di Taman Kehati Kabupaten Indramayu. Taman Kehati ini telah dilakukan revitalisasi oleh PT Polyatama Propindo sejak bulan Oktober 2019 lalu dan telah dilakukan berbagai penataan dan fungsinya.

Dwi menambahkan, setelah proses penataan lingkungan selesai, pihaknya langsung mendatangkan 2 pasang (4 ekor) rusa yang merupakan jenis rusa yang dilindungi. Diharapkan, rusa ini terus berproduksi dan memiliki keturunan sehingga Taman Kehati ini menjadi habitat baru yang nyaman untuk ditempati.  Selain tempat konservasi dan habitat bagi rusa, Taman Kehati ini dijadikan juga sebagai lokasi wisata dan edukasi bagi warga Kabupaten Indramayu dan sekitarnya. “Kita harapkan Taman Kehati ini menjadi landmark baru bagi Indramayu, dan menjadi pusat konservasi dan edukasi yang terbuka untuk umum. Untuk itu mari kita jaga dan lestarikan secara bersama-sama,” kata Dwinanto.

Sementara itu, Kepala Seksi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Dirsono sangat menyambut baik adanya rusa pada Taman Kehati tersebut. Pasalnya bisa dijadikan sebagai bahan edukasi bagi para siswa di Kabupaen Indramayu. Hal ini untuk mendukung dunia pendidikan, sebab dalam proses pembelajaran para siswa tidak hanya melakukan pembelajaran verbal namun juga bisa dilakukan secara visual.

Untuk program berikutnya, Dinas Pendidikan akan melakukan kunjungan secara bertahap dan melakukan penjadwalan terhadap SD di Kabupaten Indramayu untuk melakukan kunjungan ke Taman Kehati.

Setelah dilepaskanya rusa di Taman Kehati ini, masyarakat bisa menyaksikannya secara langsung dan bisa dijadikan sebagai wahana rekreasi dan edukasi. Akan tetapi masyarakat tidak boleh memberikan makanan secara sembarangan dan harus saling menjaga kebersihan dan keindahan Taman Kehati tersebut. (oet)

News Feed