oleh

Lokasi Banjir Menjadi Spot Mancing

INDRAMAYU– Musibah banjir yang melanda wilayah pesisir Pantura Kecamatan Kandanhaur menjadi berkah tersendiri bagi sebagian orang. Terendamnya ratusan hektare tambak di sana, dimanfaatkan puluhan orang untuk mengail rejeki dengan beramai-ramai memancing ikan.

Seperti yang tampak di sepanjang pinggir jalan raya Pantura Desa Kertawinangun. Sejak beberapa hari terakhir, terlihat puluhan orang berderet memancing di areal persawahan yang berubah menjadi lautan. Mereka memarkir begitu saja kendaraannya di sepanjang tepi jalan raya.

Lokasi itu dipilih sebagai spot mancing favorit lantaran tidak jauh dari area tambak yang kebanjiran yakni Desa Soge. Istimewanya lagi, ratusan hektare tambak itu berisi ikan usia siap panen. Tentu saja ini menjadi berkah bagi penggila mancing.

Selain alat pancing, terlihat pua ada warga yang membawa jala untuk menjaring rupa-rupa jenis ikan mulai Lele, Gurami, Nila dan Bandeng. “Sudah sejak hari Selasa lalu ramai. Tidak hanya orang sini, ada juga dari luar kecamatan,” kata Surip, salah seorang pemancing, Jumat (28/2).

Dia mengaku tak mengharap dapat banyak ikan. Hanya sekedar untuk refreshing. Tapi ada sebagian warga yang serius mancing sebagai penghasilan alias dijual.

Sepengetahuan Surip, setiap tahunnya memang sawah tersebut selalu banjir jika hujan deras. Namun baru tahun ini banjir benar-benar menghanyutkan area tambak diwilayah itu. “Banyak ikan hanyut dari tambak-tambak yang terendam banjir,” kata dia.

Senada dilontarkan Karnali, pemancing lainnya. Saat banjir diwilayah Kandanghaur adalah musim panen bagi mereka yang hobi memancing.  Ikan-ikan yang berhasil dipancing kebanyakan dibawa pulang untuk dimasak.

Rata-rata para pemancing bisa menghabiskan waktu tiga hingga lima jam untuk memancing. Mereka duduk di pinggiran jalan raya tempat yang banyak ikan berkumpul. Umpan yang digunakanpun seadanya seperti cacing dan belalang. “Tebakan saya nanti hari Sabtu dan Minggu lebih ramai lagi. Banyak yang datang dari luar kabupaten malah. Infonya menyebar cepat,” ucapnya. (kho)

News Feed