oleh

Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul

INDRAMAYU- Seratus lebih warga Blok Desa, Des Bangkaloa Ilir Kecamatan Widasari memasang ratusan karung berisi pasir di tanggul Sungai Cipelang, Kamis (27/2). Kegiatan tersebut juga dibantu anggota Koramil Bangodua 1606 Serma Kartali dan relawan.

Kuwu Bangkaloa Ilir, H Mislam menyebutkan, pemasangan karung pasir sebagai langkah pemerintah desa bersama warga untuk memperkuat tanggul Sungai Cipelang, pasca limpasan sungai yang menggenangi jalan sepanjang tanggul sungai di RT 06 dan 10.

Menurut Mislam, limpasan air terjadi karena kondisi tanggul yang rendah, ditambah kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) di sepanjang aliran Sungai Cipelang mengalami pendangkalan yang parah. “Kerja bakti inisiatif dari warga sendiri, desa memfasilitasi dan membantu warga di Blok Desa yang sangat dikeluhkan genangan air yang membanjiri jalan desa, permukiman, sampai areal pesawahan yang sangat menggangu aktivitasnya,” kata Mislam.

Sebagai pemerintah desa, Mislam sangat mengapresiasi langkah warganya yang berinisiatif bersama-sama melakukan kerja bakti, memasang tanggul buatan untuk penanganan sementara menahan luapan air dari Sungai Cipelang saat banjir.

Mislam mengaku bangga dengan kepedulian yang ditunjukkan warganya karena memiliki rasa kepedulian dan kesadaran untuk bersama-sama menjaga kondisi lingkungan.

“Warga juga berinisiatif untuk membuat saluran pembuangan air untuk membuang air yang menggenang TPU desa. Saya sangat mengapresiasi sekali kerja sama dan kepedulian dari warga di Blok Desa yang mau membantu pemerintah desa mengatasi permasalahan banjir dari Sungai Cipelang,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil Bangodua Kapten Arh Supangkat melalui Babinsa Bangkaloq Ilir Serma Kartali sangat mengapresiasi kekompakan warga di Blok Desa RT 06 dan 10 yang secara swadaya memasang karung berisi tanah atau pasir di tanggul Sungai Cipelang.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk warga RT 06 dan 10 yang telah bergotong royong melakukan penambakan tanggul Sungai Cipelang. Apa yang ditunjukan mereka bisa diikuti oleh warga lainnya,” ujarnya. (oni)

 

News Feed