oleh

Dorong Desa Inovatif Kelola Sampah

INDRAMAYU-Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Bongas mendorong setiap desa untuk melakukan penanggulangan permasalahan sampah. Secara inovatif berbasis partisipasi dengan membangun kesadaran masyarakat. Sehingga nantinya, pengelolaan sampah bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat desa.

“Kita mendorong sekaligus membangun komitmen dengan pemerintah desa untuk menanggulangi masalah sampah,” kata Camat Iing Kuswara SSTP MSi usai memimpin rapat bersama para Kuwu, Kamis (27/2).

Dia menegaskan, penanggulangan sampah secara khusus dibahas menyusul bencana banjir yang menimpa sejumlah desa diwilayah Kecamatan Bongas. Salah satu penyebabnya adalah tersumbatnya saluran dan selokan air oleh sampah.

Pasca banjir, sampah kembali menjadi dilema lantaran membuat lingkungan menjadi kotor. Berdampak serius pada ancamana kesehatan masyarakat. Karena itu, menurutnya, masyarakat dan jajaran pemdes memiliki tanggungjawab untuk bersama-sama melakukan penanggulangan sampah. Pemdes dapat mengalokasikan anggaran dari berbagai sumber dana yang didapat untuk pengelolaan sampah.

“Teman-teman Kuwu sendiri sebenarnya punya inovasi dan terobosan yang bagus untuk pengelolaan sampah ini. Beberapanya sudah berjalan. Ada yang melalui program bank sampah, pembuatan TPS dan lainnya. Untuk itu perlu diperkuat,” terangnya.

Seiring dengan itu, pihaknya juga menyarankan supaya pengelolaan sampah melalui daur ulang oleh masyarakat harus terus digerakkan sebab sampah sendiri berasal dari rumah tangga. Masyarakat diajak berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah serta mendaur ulang sampah.

“Kita mengajak seluruh lapisan untuk bersama menyamakan persepsi dan menguatkan komitmen dalam hal penanggulangan dan pengelolaan sampah. Sebab, kalau hanya mengandalkan pemerintah saja, tidak akan teratasi. Seluruh elemen dan stakeholder juga harus terlibat tanpa terkecuali,” pungkasnya. (kho)

News Feed