oleh

Rangkaian Harlah Yabujah, Doakan Ulama dan Pendiri Yayasan

INDRAMAYU-Ratusan santri melaksanakan kegiatan semaan Alquran di kompleks Yayasan Ibu Hajjah Chodijah (Yabujah) Desa Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat, Rabu (26/2). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan hari lahir (Harlah) Yabujah ke-39.

Pada sambutannya, Ketua Yabujah KH Abas Assafah Abdul Djalil SAg MSi menjelaskan, semaan merupakan tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan Alquran yang biasanya dilaksanakan di masjid maupun pondok pesantren. Selain meningkatkan ilmu agama dan memperkuat ketaqwaan, semaan merupakan kegiatan sarat makna yang mampu memperkuat tali ukhuwah islamiyah.

“Selain memperbaiki bacaan Alquran serta mengetahui tafsir makna yang terkandung di dalamnya, kita dapat bersilaturahmi dengan sesama umat muslim. Inilah maksud dan tujuan dari kegiatan semaan yang rutin dilakukan Yabujah,” ungkapnya.

Dan yang terpenting, lanjutnya, kegiatan semaan Alquran menjadi momen bagi keluarga besar Yabujah untuk mendoakan para ulama serta pendiri Yabujah. Hal ini merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur atas perjuangan yang dilakukan para pendahulu dalam menyebarkan ajaran Islam. “Tanpa perjuangan mereka, Yabujah yang kini telah berkembang dengan sangat pesat, takkan berarti apa-apa. Untuk itu secara pribadi, saya mohon keikhlasan serta keridhoan dari seluruh santri yang hadir untuk mendoakan para ulama yang telah mendahului kita semua, khususnya bagi pendiri Yabujah, KH Abdul Djalil dan Ibu Hj Chodijah,” jelasnya.

Kegiatan semaan Alquran yang dilaksanakan pada rangkaian peringatan harlah Yabujah ke-39, dipandu oleh Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Juntinyuat Hj Faridah. Selain diikuti oleh ratusan anggota PAC Muslimat NU dan PAC Fatayat NU Kecamatan Juntinyuat, semaan Alquran juga dilantunkan oleh 30 hafiz dan hafizah yang berasal dari kabupaten/kota di wilayah 3 Cirebon. (adv/dun)

News Feed