oleh

Plt Bupati dan Kapolres Kunjungi Lokasi Banjir dan Tempat Pengungsian

INDRAMAYU-Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH bersama Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto SIK MSi meninjau beberapa titik lokasi yang terkena dampak banjir di wilayah Indramayu bagian barat, Selasa (25/2). Selain melihat kondisi banjir, Taufik juga mengunjungi warga korban banjir di tempat pengungsian, sekaligus memberikan bantuan sembako.

Salah satunya lokasi banjir di Desa Bugel dan Sukahaji. Di Desa Bugel, orang nomor satu di Kabupaten Indramayu itu, meninjau lokasi yang terparah dilanda banjir, yakni Dusun Karangmalang. Ia melihat rumah warga yang hingga sore kemarin masih terendam banjir. Bahkan, melihat kondisi Sungai Bugel yang menjadi penyebabab terjadinya banjir di dua desa tersebut. Saat meninjau lokasi, Plt Bupati dan Kapolres juga didampingi Wakapolres Kompol Nanang Suhendar SH, Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi, Kapolsek Patrol AKP Rukman, Danramil Kapten CZI Samsudin, Kuwu Bugel Ansori dan Kuwu Sukahaji H Aan Supriyano.

Taufik mengatakan, banjir di Desa Bugel dan Sukahaji, menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Indramayu. Pasalnya, dua desa tersebut menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan kondisi Sungai Bugel mengalami pendangkalan dan penyempitan sehingga tidak bisa menampung debit air yang tinggi saat kondisi hujan dengan intensitas tinggi. “Masalah pendangkalan ini sudah kita sampaikan kepada BBWS Citarum. Karena Sungai Bugel ini kewenangannya BBWS. Bahkan masalah ini saya sampaikan langsung ke Mentei PUPR saat bertemu di Jakarta beberapa waktu lalu. Kalau saja ini kewenangannya pemerintah daerah, sudah pasti akan kami lakukan yakni menormalisasi Sungai Bugel tersebut,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Taufik, Pemkab Indramayu akan terus berupaya meminta kepada BBWS Citarum untuk segera melakukan normalisasi Sungai Bugel. Karena, ketika sudah dilakukan normalisasi, diharapkan banjir di dua desa tersebut tidak terjadi lagi. “Setidaknya terminimalisir,” tandasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Taufik, selain dinormalisasi, di tanggul Sungai Bugel harus dibangun tembok untuk menahan air sungai yang sewaktu waktu meluap. Upaya Pemkab Indramayu meminta kepada BBWS untuk segera menormalisasi Sungai Bugel juga disampaikan Taufik kepada warga korban banjir di tempat pengungsian.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Indramayu ini menyampaikan rasa keprihatinannya atas musibah banjir yang terjadi di Desa Bugel dan Sukahaji, serta wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Indramayu.

Di tempat pengungsian, Taufik memberikan bantuan kepada warga korban banjir beras, mi instan, susu, sarden, minyak goreng, kornet dan kerupuk. Pemkab Indramayu juga akan membantu kerugian material yang dialami korban banjir, seperti rumah rusak akibat banjir.

Sedangkan, Kapolres Suhermanto SIK MSi meminta warga korban banjir untuk sabar dan tabah dalam menerima cobaan tersebut.

“Atas nama Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polres Indramayu, saya turut prihatin atas bencana banjir yang terjadi di Desa Bugel ini. Semoga ini merupakan banjir yang terakhir,” ujarnya.

Mantan Kapolresta Cirebon tersebut menghimbau warga agar selalu waspada. Terutama mematikan aliran listrik apabila rumahnya masih terendam banjir. (kom)

 

News Feed