oleh

Toto Resmi Jalur Independen

INDRAMAYU – Bakal calon bupati (Bacabup) Toto Sucartono SE MBA mendaftarkan diri dengan menyerahkan berkas dukungan masyarakat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jumat (22/2). Bacabup independen ini menggandeng Deis Handika sebagai bakal calon wakil bupati (bacawabup) di Pilkada 2020.

Dengan diantar ribuan pendukung, pasangan calon independen ini menyerahkan 127 ribu bukti lampiran dukungan dan salinan E KTP masyarakat. Sesuai regulasi, syarat dukungan calon independen adalah sebanyak 6,5 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) atau minimal 87.959 dukungan yang tersebar di 50 persen kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Bacabup Toto Sucartono SE MBA menjelaskan, jumlah dukungan yang didapatnya merupakan buah perjuangan dari relawan dan simpatisan. Mereka bekerja keras mengumpulkan dukungan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. “Yang kita dapat adalah sebanyak 150 ribu dukungan. Setelah disortir dan diverifikasi tim internal, muncullah angka 127 ribu dukungan,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih terhadap masyarakat yang telah mendukung pencalonannya. Dukungan yang diberikan, dianggap menjadi kekuatan bagi dirinya untuk bertarung di Pilkada 2020. “Inilah kenapa saya bertekad maju dari jalur independen. Saya ingin lebih dekat dengan rakyat, yang telah dengan suka rela memberikan dukungan dan kekuatan kepada saya untuk kembali bertarung di Pilkada 2020,” ujarnya.

Dengan modal pengalaman dua kali bertarung di Pilkada Indramayu sebelumnya, pria yang akrab disapa Kang Toto ini optimis mampu memenangkan gelaran Pilkada 2020. Ia pun meminta KPU untuk melakukan proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual secara adil dan sungguh-sungguh, tanpa adanya kecurangan sedikit pun.

“Jika verifikasi dilakukan tanpa manuver dari pihak tertentu, saya yakin dukungan yang saya sampaikan seluruhnya lolos verifikasi. Dan saya masih percaya dengan kredibilitas dari KPU Indramayu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyebutkan, setelah menerima berkas syarat dukungan dari pasangan calon independen Toto Sucartono SE MBA-Deis Handika, pihaknya segera melakukan tahap penghitungan. Sedangkan untuk verifikasi faktual, baru akan dilakukan pada bulan Maret dengan pengumuman hasilnya akan disampaikan pada bulan April atau Mei 2020.

“Jika satu lembar dukungan itu membutuhkan waktu lima detik, maka dengan jumlah dukungan sebanyak 127 ribu akan membutuhkan waktu 7 hingga 8 jam. Dan setelah lolos verifikasi, pasangan berhak dicalonkan dengan melampirkan syarat sebagai calon perseorangan,” jelasnya.

Pantauan Radar Indramayu hingga Jumat (21/2) pukul 23.30 WIB, proses penghitungan masih dilakukan oleh tim verifikasi KPU Kabupaten Indramayu. Bacabup Toto Sucartono SE MBA didampingi tim bahkan turut memantau proses penghitungan yang masih berlangsung.

Putra kelahiran Desa Kenanga Kecamatan Sindang ini, menyaksikan jalan penghitungan yang dijaga superketat tim  keamanan dari Polres dan Kodim 0616 Indramayu.

Kondisi di KPU hingga berita ini diturunkan, masih mendapat pengamanan yang cukup ketat. Karena ratusan tim Toto benar-benar tidak ingin calonnya gugur karena kurangnya dukungan yang telah diserahkan. (tim) 

News Feed