oleh

Banjir Kembali Terjang Permukiman Warga dan Jalan Terendam di Desa Bugel

INDRAMAYU-Banjir kembali menerjang Desa Bugel Kecamatan Patrol, Kamis (20/2). Namun, kali ini tidak separah dengan kejadian banjir bulan lalu. Banjir akibat luapan Sungai Bugel tersebut hanya merendam permukiman warga dan jalan. Ketinggian air mencapai sekitar 40 sentimeter.

Sarkam, warga korban orbanjir mengatakan, meluapnya Sungai Bugel selain akibat dari hujan yang mengguyur sejak, Rabu (10/2) malam, juga banjir kiriman dari wilayah selatan. Dikatakannya, Desa Bugel yang terkena dampak banjir, yakni Blok Sukawera, Karangmalang dan Plawad. “Karena sebagian wilayah Kecamatan Patrol, bahkan dari Anjatan pembuangannya kesini. Sungai Bugel tersebut merupakan pembuangan sentral. Ditambah lagi semalam hujan, ya terjadi banjir di desa kami,” ujarnya.

Warga lainnya, Sundarih mengatakan, wilayahnya merupakan langganan banjir. Hampir setiap tahun, ketika musim penghujan terjadi banjir. Penyebabnya akibat Sungai Bugel mengalami pendangkalan dan penyempitan. “Kami berharap, Sungai Bugel dikeruk, agar kalau hujan airnya tidak meluap kedarat dan terjadi banjir di desa kami. Memang banjir kali ini tidak separah bulan kemarin (20/2).

Tapi, kami tetap merasa waswas, karena khawatir terjadi banjir besar. Apalagi pada waktu tahun 2014 lalu, banjirnya besar sekali,” kata Sundarih. Sementara itu, Camat Patrol Teguh Budiarso, SSos MSi mengatakan, Pemerintah Desa Bugel, kini tengah melakukan inventarisir rumah warga yang terendam. Pada kejadian banjir kali ini tidak ada warga korban banjir yang dilakukan evakuasi. “Hanya beberapa rumah warga yang terendam. Warga masyarakat juga masih tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa, meskipun agak sedikit terganggu akibat dampak dari banjir tersebut,” ujar Teguh saat meninjau lokasi banjir bersama Kapolsek Patrol AKP Rukman dan Danramil Kapten CZI Samsudin.

Kendati demikian, forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Patrol, mengerahkan personilnya untuk siaga dilokasi banjir. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu. (kom)

News Feed