oleh

2 Siswa SDKMH Terbaik se-Jabar, Jadi Peserta Olimpiade Matematika Level Nasional

INDRAMAYU-Dunia pendidikan dasar di Bumi Wiralodra patut berbangga. Itu setelah, dua siswa Sekolah Dasar Kreatif Muhammadiyah Haurgeulis (SDKMH) terpilih menjadi utusan dari Kabupaten Indramayu untuk mengikuti Olimpiade Matematika tingkat nasional yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kedua pelajar itu yakni Ararya Langit Dziqrullah siswa kelas 4 dan Hadziq Ramadhani Hakim yang duduk di bangku kelas 6 SDKMH. Sebelum pemberangkatan, kedua bocah jenius itu dilepas dalam sebuah acara yang digelar sederhana di Kampus SDKMH di Jalan KH Agus Salim Nomor 99 Desa Haurgeulis, Kecamatan Haurgeulis, Kamis (20/2).

Acara pelepasan ditandai dengan penyematan pita biru masing-masing oleh Sekretaris Camat Haurgeulis Drs Rahmat Sudarsono dan KWKBP Haurgeulis Darmawan SPd MMPd. Turut hadir Ketua PCM Haurgeulis Muhammad Ali Nurhidayat SAg MA dan Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Indramayu Dra Nuraliyah Suryaningsih MPdI.

Kepala SDKMH Ade Irma Kurniasih SPd menuturkan, majunya Ararya Langit Dziqrullah dan Hadziq Ramadhani Hakim ke Olimpiade Matematika tingkat nasional setelah sebelumnya menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Barat di Bandung. Keduanya berhasil menyisihkan utusan terbaik dari 64 SD/MI negeri maupun swasta se-Jawa Barat.

“Menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat saja kami sudah bangga, apalagi sampai juara tingkat nasional. Mohon doa restunya agar anak-anak kami bisa meraih prestasi optimal,” pintanya.

Olimpiade Matematika tingkat nasional yang diinisasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Makasar tersebut, rencananya berlangsung mulai tanggl 21-25 Februari 2020.

Ini adalah kompetisi olimpiade matematika rutin tahunan yang pesertanya pelajar terbaik tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat dari seluruh pelosok nusantara. Animo pelajar untuk mengikuti event bergengsi itupun cukup tinggi. Supaya mereka terbiasa berkompetisi, bergaul, dan meningkatkan kepercayaan diri. Pelajar dengan nilai tertinggi akan diikutsertakan dalam kompetisi tingkat Asia.

“Target kami tidak muluk-muluk. Paling tidak dengan mengikuti kompetisi tingkat nasional ini anak-anak kami semakin luas pengetahuan dan pengalamannya. Termasuk memperkuat skill dalam matematika, menumbuhkan jiwa kompetisi, mengenali bakat, dan juga critical thinking sejak dini,” terang Irma.

Sekretaris Camat Haurgeulis, Drs Rahmat Sudarsono mengaku bangga dengan terpilihnya Ararya Langit Dziqrullah dan Hadziq Ramadhani Hakim ke Olimpiade Matematika tingkat nasional di Makasar.

Keikutsertaan keduanya sudah merupakan salah satu prestasi tersendiri bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Indramayu khususnya di Kecamatan Haurgeulis. “SD Kreatif Muhammadiyah bisa menjadi lokomotif dalam menyalurkan virus peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Haurgeulis,” ucapnya.

Senada disampaikan KWKBP Haurgeulis Darmawan SPd MMPd. Prestasi pelajar SDKMH bisa didistribusikan untuk ditularkan ke sekolah lain di Kecamatan Haurguelis. Ia juga berharap semoga prestasi yang diraih dua siswa SDKMH bisa menjadi motivasi untuk pelajar lainnya agar lebih giat belajar. “Perlu ditransformasikan kepiawaian SDKMH dalam mencetak generasi handal dan pintar serta berdaya saing dalam prestasi ini,” tandasnya. (kho)

News Feed