oleh

Atalia Blusukan ke Pasar dan Hutan di Indramayu

INDRAMAYU-Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, seharian berkeliling Indramayu dalam acara Sarling (Siaran Keliling), Rabu (19/2). Kunjungan diawali di Pasar Bankir Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu sekitar pukul 07.00. Di tempat ini Atalia sempat berkeliling dan ngobrol dengan para pedagang maupun pembeli.

Atalia berkunjung ke-8 titik di Kabupaten Indramayu untuk melihat langsung kondisi masyarakat di lapangan. Di Pasar Bangkir, Atalia berkeliling pasar untuk melihat langsung aktivitas jual beli, serta mengecek kondisi barang dagangan khususnya makanan. Menurutnya, tidak ditemukan adanya makanan yang membahayakan konsumen.

“Ada keluhan dari pedagang terkait tantangan mereka menghadapi banyaknya pasar modern. Terkait hal ini tentu kita harus mencari solusi agar masyarakat lebih suka datang ke pasar tradisional,” ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat ini juga sempat menyerahkan bantuan dana pendampingan gizi kepada Puskesmas Babadan, Kecamatan Sindang. Menurut Atalia, ada 12 kasus stunting di Puskesmas Babadan. Maka itu, pihaknya akan memantau untuk memastikan perkembangan ke-12 anak tersebut. “Insya Allah tiga bulan ke depan akan kita pantau kembali. Mudah-mudahan betul-betul (kondisi kesehatan) mereka meningkat secara signifikan,” kata Atalia.

Atalia mengatakan, stunting akan menghambat perkembangan otak anak. Oleh karenanya, penanganan kasus stunting harus dilakukan secara cepat dan tepat. Dia pun mendorong semua pemerintah daerah di Jabar untuk meningkatkan gizi anak-anak. “Stunting itu bukan saja terkait dengan tinggi badan, bukan saja terkait dengan kekurangan gizi, tetapi juga bagaimana perkembangan otaknya,” ucapnya.

Atalia juga sempat memberikan workshop singkat terkait peran media sosial dalam bisnis online, dan berdialog dengan pelaku industri dari Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), di ruang pertemuan Sekda Indramayu.

Dari lokasi ini, Atalia bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Sentra Batik Paoman dan objek wisata Mangrove Center Karangsong.

Sementara Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH MSi, menyambut baik kunjungan istri gubernur Jawa Barat tersebut. Menurutnya, apa yang disampaikan Ibu Atalia diharapkan bisa menjadi motivasi agar Kabupaten Indramayu semakin maju dan berkembang. “Terima kasih kepada ibu gubernur. Mudah-mudahan kerja sama antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi semakin meningkat,” harapnya. (oet)

News Feed