oleh

Musim Hujan, Koramil Pantau Perahu Tambangan

INDRAMAYU- Masih tingginya curah hujan di wilayah hulu membuat Sungai Cimanuk berpotensi untuk meluap. Untuk itu, anggota Koramil terus melakukan pemantauan jasa penyemberangan perahu tambangan di wilayah Kecamatan Bangodua dan Tukdana. Pemantauan sendiri dilakukan untuk memastikan keamanan pengguna jasa perahu tambangan.

Danramil Bangodua Kapten (Arh) Supangkat melalui anggota Serma Utun Arifin mengatakan, pihaknya terus melakukan monitoring secara rutin di tempat-tempat beroperasinya jasa penyebrangan perahu tambangan di wilayah Koramil Bangodua yakni di Kecamatan Bangodua dan Tukdana yang sebagaian besar masyarakatnya menggunakan jasa penyebrangan perahu tambangan.

“Selama musim penghujan selalu kami monitoring kondisi sungai. Karena itu, kita berkoordinasi dengan bagian bendungan rentang juga ketika sungai meluap apakah masih aman untuk perahu beroperasi atau tidaknya,” katanya.

Dikatakan Utun, pihaknya bersama anggota Polsek Tukdana, selalu memberikan imbauan kepada para pemilik perahu agar meningkatkan kewaspadaan dan bisa selalu melihat kondisi Sungai Cimanuk. “Jangan memaksakan diri mengoperasikan perahu saat sungai dalam keadaan meluap dan statusanya awas ataupun siaga,” bebernya.

Ditegaskan Utun, kendati perahu tambangan menjadi sarana utama dalam menyeberangi sungai tetapi pemilik harus tetap melihat kondisi sungai demi kelelamatan penumpang.

”Kita berkoordinasi juga dengan para pemilik jasa penyeberangan. Jangan sampai saat Sungai Cimanuk statusnya siaga perau tambangan masih beroperasi menyeberangkan warga,” pungkasnya. (oni)

News Feed