oleh

Laboling Adminduk tanpa Biaya, Disdukcapil Dekatkan Pelayanan bagi Warga

INDRAMAYU- Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk terus melakukan jemput bola memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).

Hal itu disampaikan Taufik saat melakukan launching program Pelayanan Rabu Keliling (Laboling) dokumen administrasi kependudukan untuk masyarakat Indramayu di Desa/Kecamatan Patrol, Rabu (12/2).

Program Laboling Disdukcapil tersebut, nantinya akan berkelanjutan digelar dibeberapa titik wilayah setiap hari Rabu. Bagi masyarakat yang belum memiliki adminduk, Taufik meminta datang untuk mengurusnya tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Lebih lanjut, dikatakan Taufik, program Laboling adminduk diluncurkan agar masyarakat yang belum memilik KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA), bisa dengan mudah mengurusnya. Program tersebut, kata Taufik, sebagai upaya Pemkab Indramayu melalui Disdukcapil agar seluruh masyarakat Indramayu memiliki adminduk.

“Kita ini berupaya dan mempunyai keinginan agar seluruh warga masyarakat ini memilik dokumen kependudukan, yaitu KTP, KK, akta kelahiran, serta kartu indentitas anak dan semua dokumen kependudukan. Kita akan siapkan untuk melayani masalah itu walaupun bertahap,” ujar mantan Ketua DPRD Indramayu itu.

Menurut Taufik, memiliki dokumen kependudukan sangat penting karena untuk melanjutkan pada kegiatan-kegiatan lainnya. Oleh karenan itu, Pemkab Indramayu melalui Disdukcapil bergerak cepat melayani adminduk kepada masyarakat, salah satunya melalui program Laboling adminduk tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu H M Iskak Iskandar SSos MSi mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mengurus adminduk melalui program Laboling, bisa datang langsung dan mengurus sendiri kepada petugas pelayanan. “Silakan datang tanpa dipungut biaya,” tegasnya. Dijelaskan Iskak, setelah di Kecamatan Patrol ini, pelayanan Laboling adminduk akan dilaksankan pada Rabu tangal 19 Februari mendatang di Pasar Terisi, dan berikutnya di Karangampel.

“Program Laboling ini akan terus kita lakukan agar seluruh warga masyarakat Indramayu memiliki adminduk, seperti KTP, KIA, KK dan akta kelahiran,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, dalam launching Laboling adminduk yang digelar di Aula Balai Desa Patrol tersebut, dihadiri Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi, Kapolsek AKP Rukman, Danramil Kapten CZI Samsyudin, serta para kuwu se-Kecamatan Patrol. (kom)

News Feed