oleh

Warga Kertasemaya Ronda Malam di Sekitar Tanggul Sungai Cimanuk

INDRAMAYU-Warga Blok Rengaspayung Desa Kertasemaya semakin giat melakukan ronda malam di lokasi Tanggul Sungai Cimanuk yang mengalami ambles.

Hal tersebut dilakukan sebagai kesiagaan warga menyusul semakin tingginya curah hujan dan seringnya Sungai Cimanuk meluap. Salah seorang warga, Dulmuin (45) mengatakan, pihanya terus siaga setiap Sungai Cimanuk meluap. Pasalnya, jarak rumah yang didiami keluarganya sangat dekat dengan tanah tanggul sungai yang ambles dan akan berdampak langsung apabila Sungai Cimanuk meluap menggerus tanah tanggul. “Secara sukarela warga swadaya melakukan ronda setiap malam di lokasi tanggul. Yang ditakutkan jika tidak ada ronda malam, ketika Cimanuk meluap tidak ada yang tahu kan bahaya juga. Mungkin sekarang masih aman, tapi cuaca dapat berubah-ubah,” kata Dulmuin.

Warga lainnya, Nuryaman menuturkan, jaga malam merupakan inisiatif dari warga yang peduli akan keselamatan warga di Blok Rengaspayung di saat musim penghujan yang masih berlangsung. “Perlu kesiagaan dan kesigapan warga dalam menghadapi potensi bencana yang bisa saja terjadi saat selama musim penghujan. Di tambah tanggul kembali ambles,” katanya.

Dikatakan Nuryaman, pihak pemdes dan muspika juga ikut berjaga setiap malam untuk mengantisipasi bencana yang datang. ”Warga guyub sama-sama tingkatkan kewaspadaan. Jangan sampai ketika status Cimanuk siaga saat malam hari tidak ada yang mengingatkan warga. Semoga saja selama musim hujan tahun ini tanah tanggul masih kuat menahan luapan Cimanuk,” ujarnya. (oni)

News Feed