oleh

SMKN 1 Gantar Raih Juara Publik Service Web Contest

INDRAMAYU-Sekolah kampung, prestasi kota. Pujian itu layak disematkan kepada para pelajar di SMK Negeri 1 Gantar. Betapa tidak, meski lokasi sekolahnya jauh dari ibukota Kabupaten Indramayu, namun prestasi siswa-siswi disana membuat banyak orang tercengang.

Buktinya, delapan pelajar SMKN 1 Gantar kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berhasil menjadi jawara pada Public Service Web Contest tingkat pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Indramayu.

Sebuah kompetisi inovasi pelayanan publik berbasis teknologi digital 4.0 yang diadakan Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) bersama Indramayu Development (Indev) Community, Sabtu (8/2) kemarin.

Dalam event di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan itu, dua tim pelajar SMKN 1 Gantar sukses menjadi kampium. Tim 2 yang terdiri Fahmi Ayatullah, Alfiansyah Nur Sifa dan Muhammad Gunawan merebut juara pertama. Sedangkan tim 1 berisikan Annisah Qolbiyah, Bagas Dwi Tirta, Muhammad Rizky Habibie, Satini dan Widia Ningsih meraih juara ketiga.

“Kami mengirim tiga tim yang beranggotakan 12 anak jurusan RPL kelas X dan XI. Dua tim berhasil juara, satu tim gagal. Kompetisinya sangat berat karena tim pesaing mayoritas dari sekolah unggulan, jagoan TIK semua,” kata Guru Pembimbing, Renza Maulana Mahendra kepada Radar Indramayu, Senin (10/2).

Dia mengungkapkan, sejatinya persiapan yang dilakukan oleh anak didiknya cukup singkat. Pasalnya, pada saat bersamaan semua anggota tim terutama pelajar siswa kelas XI lagi disibukkan dengan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Mereka juga kesulitan membagi waktu untuk berkumpul dan berlatih lantaran lokasi Prakerin berada di luar daerah.

“Dasar anak-anaknya itu senang dan tertantang ikutan lomba. Jadi mereka semangat, ditambah dukungan full dari sekolah. Makin mantap ikut event dan akhirnya alhamdulillah dapat juara,” pujinya.

Kepala SMKN 1 Gantar, Jawan Hermanto SPd MSi mengaku bangga sekaligus memberikan apresiasi atas prestasi anak didiknya. Bangga karena mereka menunjukkan kompetensi serta kualitasnya dibidang TIK. Berhasil menjadi juara dan mengharumkan nama SMKN 1 Gantar.

Jawan menegaskan, RPL menjadi salah satu kompetensi keahlian yang berhasil melahirkan pelajar-pelajar yang memiliki talenta di bidang digital. Sebelumnya pada Nobember tahun 2019 lalu, kreativitas mereka memantik Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk menyertakan pada Pameran Pendidikan Kejuruan Epitech XIII Jawa Barat 2019 bertempat di Terminal Tipe A, Kertawangunan Kabupaten Kuningan.

Ajang Epitech XIII sendiri diikuti sekolah-sekolah unggulan dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. “Terpilih mengikuti Epitech XIII, menjadi sebuah kebanggaan bagi SMKN 1 Gantar. Hal ini menunjukkan, SMKN 1 Gantar yang lokasinya jauh dari pusat ibu kota Kabupaten, layak disetarakan dengan sekolah maju dan unggul lainnya di Jawa Barat,” terangnya. (kho)

News Feed