oleh

PJUTS Jalur Pantura Kian Memprihatinkan

INDRAMAYU-Tak hanya permukaan jalan. Kondisi Penerang Jalan Umum Tenaga Surya (PJTUS) atau solar cell yang ada di sepanjang jalur pantura Kabupaten Indramayu juga sangat memprihatinkan.

Mayoritas tidak lagi menyala. Warga dan pengguna jalanpun sangat menyayangkan dengan keadaan tersebut. Karena fasilitas yang sudah disediakan untuk menerangi jalan raya itu nyatanya tidak termanfaatkan dengan baik.

“Kondisinya memprihatinkan, padahal setahu saya masih baru. Tapi banyak yang rusak, tak menyala lagi,” ucap Wawan, salah seorang warga di Kecamatan Kandanghaur, Senin (10/2).

Sepengetahuannya, PJUTS yang sudah tak menyala berada merata di sepanjang jalur pantura mulai Sukra, Patrol, Kandanghaur, sampai Widasari. Kondisi itu membuat kawasan jalan pantura gelap pada malam hari lantaran lampunya tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Dia tidak tahu persis kenapa panel PJUTS itu rusak. Namun diduga, kerusakan terjadi akibat terpaan angin kencang di musim penghujan. Cuaca buruk ditandai dengan hujan deras dan angin kencang memang kerap melanda kawasan pantura.

Namun Wawan juga curiga, PJTUS itu dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini terlihat dari kondisinya yang sudah tidak utuh lagi. Lampu-lampunya dirusak dan kabelnya diputus. Bukan itu saja, akinya pun diduga dicuri sehingga tidak lagi berfungsi.

Warga lainnya, Tarsono membenarkannya. Kerusakan PJUTS sudah berlangsung cukup lama.  Anehnya, pada bagian kotak penyimpanan aki sudah terbuka.

Sebagai pengguna jalan, dia berharap, ada upaya perbaikan terhadap PJUTS yang juga dalam kondisi rusak. Diapun meminta kepada pihak berwenang untuk sering-sering melakukan pemantauan. (kho)

 

News Feed