oleh

Ajak Remaja Jaga Pola Hidup Sehat

INDRAMAYU– UPTD Puskesmas Lohbener membuat terobosan dengan membentuk posyandu remaja di Desa Pamayahan Kecamatan Lohbener. Hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan dan bimbingan kesehatan bagi remaja.

Kepala UPTD Puskesmas Lohbener, Hj Uswatun Hasanah SST SKM MHkes menyebutkan, pembentukan posyandu remaja merupakan program kesehatan yang dikhususkan bagi kalangan remaja di wilayah kerja puskesmasnya.

Dikatakan Uswatun, posyandu remaja ini merupakan salah satu kesehatan yang berbasis masyarakat khususnya bagi kalangan remaja, dimana kegiatannya untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja sendiri. “Posyandu remaja menjadi sumber informasi kesehatan bagi remaja, dan informasi lainnya, bisa menjadi pusat konseling remaja tentang berbagai hal terutama tentang kesehatannya, penyelanggaraannya rutin sebulan sekali,” ucap Uswatun, akhir pekan kemarin.

Dijelaskan Uswatun, tujuan posyandu remaja adalah untuk meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan pendidikan keterampilan hidup sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA, mempercepat upaya perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan penyakit tidak menular (PTM), dan meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan.

Uswatun berharap, pembentukan posyandu remaja menjadi sebuah wadah masyarakat yang memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan mereka, memperluas jangkauan puskesmas dalam memberikan pelayanan promotif dan preventif kesehatankepada sasaran remaja, terutama dengan keterbatasan akses pelayanan kesehatan bagi remaja.

“Fokus pelayanan kesehatan bisa lebih merata, bukan hanya kalangan balita dan ibu hamil saja, tetapi remaja juga,” ujarnya.

Sementara itu, Kuwu Pamayahan Abdul Hakim menuturkan, pembentukan posyandu remaja oleh UPTD Puskesmas Lohbener tidak sebatas sebagai wadah untuk memberikan pendidikan kesehatan bagi remaja, tetapi bisa membantu pemerintah desa dan keluarga dalam proses pembentukan mental, sehingga menjadi remaja yang tangguh dan berkualitas. (oni)

 

News Feed