oleh

PPKIB Gandeng Indev Community Sukses Helat Public Service Web Contest

INDRAMAYU-Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) bersama Indramayu Development (Indev) Community sukses menggelar Public Service Web Contest tingkat pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Indramayu, Sabtu (8/2).

Event bertajuk “Inovasi pelayanan publik berbasis teknologi digital 4.0” itu mendapat dukungan banyak pihak. Hal ini dlihat dari acara pembukaan yang bertempat di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan.

Hadir jajaran Dinas Pendidikan, Diskominfo, Disdukcapil, Bapeda, Kabag Kesra dan Agama, anggota DPRD Kabupaten Indramayu Bhisma Panji Dewantara, ketua PKKIB Sukamto SHG serta para Camat diwilayah Inbar.

Kompetisi yang disponsori oleh PT PJB PLTU, BRI, Telkom, Telkomsel, Arsy Tourism serta sejumlah donatur itu juga turut dihadiri perwakilan UPTD Pelayanan Pusat Digital Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jabar.

“Pemkab Indramayu sangat mendukung event seperti ini sebagai upaya memoticasi serta menggali potensi para pelajar SMA se-derajat dalam bidang teknologi, informatika dan komunikasi,” kata Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH diwakili Kabid TIK Diskominfo Indramayu Anri Heryanto ST.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana, R Rio Resmana ST didampingi Sekretaris Renza Maulana Mahendra Skom menjelaskan, event ini diikuti sebanyak 21 tim pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Indramayu, yang merupakan bagian dari kaum milenial serta barisan akar rumput yang menjadi aset luar biasa bagi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan Indramayu. Kemudian penggiat teknologi informasi serta masyarakat umum.

“Event Public Service Web Contest ini bertujuan untuk memberikan edukasi, motivasi serta menggali dan mengembangkan potensi siswa-siswi SMA sederajat dalam bidang teknologi informasi. Dan tentunya dapat ikut berkontribusi untuk masyarakat serta Pemda dalam menyongsong era E-Government dan mendukung Indramayu dalam program 100 Smart City,” terang pria yang akrab disapa Rio ini.

Lewat kompetesi ini, sambungnya, diharapkan dapat menjadi wadah dan menemukan bibit unggul dalam teknologi informasi yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu dan hasil dari lomba ini pun dapat bermanfaat bagi Pemda Indramayu dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik di era digital 4.0. Sekaligus mendukung Pemkab Indramayu masuk dalam jajaran Top 40 Inovasi Pelayanan Publik.

Rio menyebutkan, deskripsi perlombaan meliputi pembuatan sistem create, read, update and delete (CRUD) untuk pelayanan KK dan KTP. Membuat sistem verifikasi dan validasi dengan sistem dibuat berbasis desktop dan web.

Berlangsung sehari penuh, tim 2 dan 1 dari SMKN 1 Gantar berhasil menjadi juara pertama dan ketiga. Sedangkan posisi kedua diraih tim SMKN 1 Patrol. Sementara juara harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diraih SMKN 1 Patrol, SMK Al Irsyad Al Islamiyah Haurgeulis dan SMAN 1 Indramayu. (kho)

News Feed