oleh

Sensus Penduduk 2020 Bisa Online

INDRAMAYU-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupate Indramayu menggelar rapat koordinasi (rakor) Sensus Penduduk (SP) 2020 di Aula Kantor Kecamatan Haurgeulis, Rabu (5/2).

Rakor yang turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Haurgeulis itu juga sekaligus sebagai ajang konsolidasi dengan aparatur pemerintah serta elemen masyarakat setempat.

“Ini bagian dari tahap koordinasi dan konsolidasi. Kami ingin membangun jejaring sinergitas dengan pemerintah kecamatan maupun desa yang menjadi ujung tombak suksesnya pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020,” terang Kasi Integrasi Pengelolaan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Kabupaten Indramayu Agus Susanto.

Dia memaparkan, dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, SP 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7 dilaksanakan serentak tidak hanya di Indonesia, tapi pula 54 negara di dunia. Tujuannya menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Tahapan pelaksanaan SP 2020 sendiri dimulai pada 15 Februari-31 Maret 2020. Dimulai dengan SP online. Sedangkan SP wawancara berlangsung mulai tanggal 1-31 Juli 2020. “Di tahun 2020 ini ada perbedaan dibanding kegiatan SP sebelumnya. Dimana penduduk dapat melaksanakan sensus secara mandiri melalui online di laman sensus.bps.go.id. Bagi yang belum bisa mengikuti SPO, nanti ada SP wawancara. Petugas kami nanti door to door mendatangi warga,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Haurgeulis Rory Firmansyah SSTP MSi mengimbau kepada aparatur pemerintah serta masyarakat di wilayah kerjanya untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan SP 2020.

Partisipasi aktif semua elemen ini menjadi salah satu indikator suksesnya pelaksanaan SP 2020. “Mewujudkan satu data kependudukan Indonesia ini sangat penting. Maka kita wajib mendukung sepenuhnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020,” katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada peserta rakor untuk turut mensosialisasikan dan menginformasikan kegiatan sensus penduduk kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing. (kho)

News Feed