oleh

Perbakani Bantu Petani Berburu Hama Tikus

INDRAMAYU-Ganasnya serangan hama tikus, membuat anggota Persatuan Penembak Anjatan Indramayu (Perbakani) Shooting Club bersama Satuan Tugas (Satgas) Desa Kedungwungu Kecamatan Anjatan angkat senapan.

Demi membantu para petani, para jago tembak anggota komunitas pehobi senapan angin ini menggelar bakti sosial berburu hama tikus. Aksi berburu si monyong menyasar lahan persawahan serta pinggiran sungai di Dusun Pilangpayung yang berbatasan dengan Desa Wanguk.

Ketua Perbakani Nana Supana menuturkan, baksos berburu tikus untuk membantu para petani setempat yang kewalahan terhadap ganasnya serangan hewan pengerat itu. Bahkan sebagian tanaman padi yang baru berumur 1-3 minggu mengalami kerusakan.

Petani tak bisa melakukan upaya gropyokan lantaran hama tikus menyerang tanaman ketika malam hari. Sementara pada siang hari, tikus naik kepepohonan yang berada di pinggiran sungai.

“Untuk membasminya ya dengan cara ditembak. Itu tikus kalau siang bergelantungan dipohon-pohon pinggir kali, terutama di pohon bambu,” ungkap Nana, Selasa (4/2).

Peraih juara 1 lomba menembak antar senior pada kompetisi antar kader Tingkat Madya PPM XI Jawa Barat menjelaskan, kegiatan baksos rutin diadakan. Kali ini melibatkan Satgas Desa Kedungwungu yakni anggota Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Pamong Desa.

Sebelumnya Perbakani juga pernah diminta oleh petani di Desa Salamdarma untuk ikut memberantas unggas liar yang kerap merusak tanaman padi mereka. “Semua kami lakukan dengan ikhlas, tidak dibayar namun bertujuan untuk membantu serta menjalin persaudaraan dengan berbagai pihak,” katanya.

Lebih jauh, bapak dua orang anak ini memaparkan, dibentuknya Perbakani adalah untuk mempererat silaturahmi sesama anggota serta berupaya mensosialisasikan tentang cara menggunakan senapan angin dengan baik dan benar. Tidak untuk melakukan tindakan ceroboh apalagi untuk tindakan kriminalitas. Jumlah anggotanya sudah mencapai puluhan orang berasal dari sejumlah desa di Anjatan. “Kami selalu berkoordinasi dengan pihak Polsek Anjatan dan Koramil terkait pembinaan, latihan maupun implementasi program Perbakani,” pungkas Nana. (kho)

News Feed