oleh

4 Event Meriahkan Gebyar Hardiknas

INDRAMAYU-Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (KWKBP) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Losarang menggelar empat event sekaligus menyambut sekaligus menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020.

Bertemakan ‘Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter’, keempat kegiatan itu yakni OSN, FLS2N, Pentas PAI dan O2SN tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Losarang.

Pemukulan gong serta penyerahan alat olahraga oleh Camat Losarang H Suratno MSi mewarnai upacara pembukaan sekaligus dimulainya Gebyar Hardiknas di Halaman Sekolah UPTD SDN 2 Krimun, Selasa (4/2).

Turut mendampingi Kepala KWKBP Losarang Kusnadi MSi, Koordinator KKKS Kecamatan Losarang Didi Haryanto MPd, Ketua PC PGRI Losarang Wahyudin SPd, para pengawas serta kepala SD se-Kecamatan Losarang.

Ketua Pelaksana Mumun Sri Pujawiati SPd didampingi Sekretaris Wiwin Winarsih SPd dan Bendahara Nina Handayani SPd melaporkan, ratusan peserta utusan dari 31 SD se-Kecamatan Losarang ambil bagian dalam Gebyar Hardiknas yang akan dilaksanakan secara maraton sampai menjelang puncak Hardiknas 2 Mei 2012 mendatang.

“Mereka akan bertanding pada berbagai cabang prestasi yang dilombakan. Meliputi kompetensi lomba festival dan kreativitas nasional, kompetensi olimpiade olahraga siswa nasional dan kompetensi lomba keagamaan nasional,” terang Mumun.

Menurutnya, pelajar yang menjadi juara di setiap cabang lomba berhak menjadi duta Kecamatan Losarang pada lomba yang sama di tingkat Kabupaten Indramayu.

“Event Gebyar Hardiknas tahun 2020 ini sebagai ajang pengembangan prestasi diri dalam aspek pengetahuan, agama, olahraga, seni budaya, karakter, profesionalisme dan teknologi. Selain memupuk rasa persaudaraan dan kerja sama, kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar pelajar serta para tenaga pendidik,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Losarang H Suratno MSi menyambut baik upaya panitia Gebyar Hardiknas yang telah menyelenggarakan empat kegiatan demi meningkatkan sportivitas dan kecerdasan pelajar baik dibidang akademik, non akademik dan spritual.

Event semacam ini tidak semata-mata menjadi ajang meraih prestasi para pelajar SD tapi sekeligus tolok ukur maupun bahan evaluasi bagi guru dan kepala sekolah sejauh mana hasil yang telah dicapai dari proses pendidikan yang ditempuh.  Melalui berbagai event ini akan tahu hasilnya. Bisa menjadi alat introspeksi bagi guru dan kepala sekolah,” terangnya.

Suratno pun berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan emas ini untuk meraih hasil terbaik. Karena tidak semua siswa SD di Kecamatan Losarang dapat mengikuti kegiatan ini. Lewat kompetisi yang berkelanjutan maka diharapkan terwujud generasi masa depan yang sportif, beriman, cerdas dan berkarakter.

“Tidak semata-mata menjadi ajang meraih prestasi, Gebyar Hardiknas yang dihelat ini tujuan utamanya adalah memberikan wadah berkreasi, berapresiasi dan berinovasi baik bagi siswa, guru dan kepala sekolah dengan mengedepankan jiwa sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal,” pungkasnya. (kho)

News Feed