oleh

Pramuka Smanska Sukses Gelar Jaliteng 10

INDRAMAYU-Satu dekade lamanya, Gerakan Pramuka Gugus Depan 23.103-23.104 Dewan Ambalan Jaka Sembung-Bajing Ireng Pangkalan SMA Negeri 1 Kandanghaur (Smansaka) konsisten menghelat event Jaliteng.

Dihelat untuk yang kesepuluh kalinya, lomba pramuka tingkat penggalang dan penegak se-Jawa Barat tahun 2020 ini lebih semarak dan dikemas penuh inovasi. Sebanyak 1.612 peserta dari 293 regu dan sangga tingkat SD, SLTP dan SLTA se-Jawa Barat  dalam lomba yang dibuka Ketua Harian Kwarcab Pramuka Indramayu, Drs H Yayan Mulyantoro MM, Minggu (2/2).

Didampingi Ketua Mabigus Smansaka, Taofik SPd, acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dilanjut penyematan tanda peserta. Turut hadir, jajaran Kwarcab, Kwartir Kandanghaur unsur muspika, serta para pembina pramuka pendamping peserta dari Wilayah III Cirebon, Subang, Karawang, Sumedang, Bekasi, Bogor serta DKI Jakarta.

Ketua Panitia, Supriyadi SPd didampingi Ketua Pelaksana Rita menyebutkan, Jaliteng 10 diisi dengan bermacam lomba. Seperti hiking dengan mata lompa pos kepramukaan, pengetahuan umum, akademik, seni budaya dan kesehatan. Kemudian, lomba yelling, kreasi pramuka dan foto media sosial.

Materi lomba untuk setiap tingkatan baik SD, SLTP dan SLTA dikemas berbeda-beda. Tapi semua kegiatan yang dilaksanakan mencangkup semua jenjang kaderisasi, baik tingkat penggalang maupun penegak.

Lebih dari 300 trofi disiapkan untuk pemenang masing-masing lomba. “Jaliteng ke-10 ini menjadi dedikasi pramuka SMAN 1 Kandanghaur untuk negeri,” katanya.

Sementara itu, Ketua Mabigus Smansaka Taofik SPd mengungkapkan rasa bangganya dengan apa yang dilakukan oleh penggiat pramuka gudep Jaka Sembung-Bajing Ireng. Apalagi, kegiatan akbar ini digelar secara rutin serta mengundang peserta se-Provinsi Jawa Barat. “Konsisten selama satu dekade menggelar event Jaliteng ini merupakan prestasi yang luar biasa,” ucapnya.

Senada dilontarkan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Indramayu Drs H Yayan Mulyantoro MM . “Kegiatan semacam ini tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan motivasi anggota pramuka khususnya di Indramayu dan Provinsi Jawa Barat sebagai ajang silaturahmi, tolak ukur serta evaluasi sejauhmana output dari kegiatan pramuka di gugus masing-masing. Mudah-mudahan dapat terus dilanjutkan di masa mendatang,” harapnya. (kho)

News Feed