oleh

Dinkes Indramayu Antisipasi Virus Corona

INDRAMAYU – Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu mewaspadai kemungkinan masuknya virus corona ke Indramayu. Setiap puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ada sudah diinstruksikan untuk mewaspadai pasien dengan ciri-ciri virus corona. Meski  demikian, masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap berhati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara mengatakan, sejauh ini belum ditemukan adanya indikasi virus corona di Indramayu. Namun begitu Deden memastikan langkah antisipasi sudah dilakukan oleh dinas kesehatan.

“Alhamdulillah sampai hai ini belum ada laporan penemuan pasien diduga terkena virus corona,” kata Deden.

Dikatakan, seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Indramayu diminta untuk memantau gejala-gejala virus corona. Jika menemukan warga yang menderita pneumonia berat disertai demam sangat tinggi diharapkan untuk melapor ke dinas kesehatan. Apalagi jika warga tersebut pernah bepergian ke China dan kontak langsung dengan penderita corona.

Deden mengatakan, RSUD Indramayu dijadikan rujukan bagi warga penderita gejala corona. Seluruh petugas kesehatan sudah disiagakan guna mengantisipasi menyebarnya virus mematikan asal negara China tersebut. Petugas kesehatan pun akan dengan cepat menindaklanjuti laporan dari warga. Hal itu penting dilakukan mengingat penyebaran corona sangat cepat sekali.

Sebagai langkah edukasi, Deden menjelaskan ada ciri-ciri gejala virus corona yang harus diketahui oleh masyarakat. Pada umumnya mirip dengan pneumonia disertai dengan demam yang tinggi. “Batuk dan sesak nafas. Gejalanya sama dengan virus Mers dan Sars,” ungkapnya.

Masyarakat pun diminta berhati-hati akan gejala-gejala tersebut. Sebagai langkah antisipasi, masyarakat harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Upaya tersebut kemungkinan bisa meminimalisir penyebaran virus-virus mematikan. Imbauan itu diharapkan benar-benar diikuti oleh masyarakat.(oet)

News Feed