oleh

PPKIB Gandeng Indev Community, Segera Helat Public Service Web Contest

INDRAMAYU– Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) berupaya memberikan kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi generasi muda.

Menggandeng Indramayu Development (Indev) Community yaitu komunitas pengembangan SDM Indramayu berbasis teknologi digital 4.0, PPKIB berencana mengadakan public service web contest.

Event menyasar pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Indramayu yang berfokus pada pengembangan pelayanan dan informasi publik. Dapat diakses oleh setiap warga sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah.

“Event public service web contest ini bertujuan untuk memberikan edukasi, motivasi serta menggali dan mengembangkan potensi siswa-siswi SMA sederajat dalam bidang teknologi informasi. Dan tentunya dapat ikut berkontribusi untuk masyarakat serta Pemda dalam menyongsong era e-Government dan mendukung Indramayu dalam program 100 samart city,” terang Ketua Pelaksana, R Rio Resmana ST didampingi Sekretaris Renza Maulana Mahendra SKom kepada Radar Indramayu saat acara technical meeting di De Green Cafe & Resto di Haurgeulis, Minggu (26/1).

Lewat kompetesi ini, lanjut Rio, diharapkan dapat menjadi wadah dan menemukan bibit unggul dalam teknologi informasi yang dimiliki oleh Kabupaten Indramayu dan hasil dari lomba ini pun dapat bermanfaat bagi Pemda Indramayu dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik di era digital 4.0. Sekaligus mendukung Pemkab Indramayu masuk dalam jajaran Top 40 Inovasi Pelayanan Publik.

Rio mejelaskan, mengangkat tema Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital 4.0, deskripsi perlombaan meliputi pembuatan sistem create, read, update and delete (CRUD) untuk pelayanan KK dan KTP. Membuat sistem verifikasi dan validasi dengan sistem dibuat berbasis desktop dan web.

Sasaran kegiatan yakni para pelajar SMA sederajat yang merupakan bagian dari kaum milenial serta barisan akar rumput yang menjadi aset luar biasa bagi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan Indramayu. Kemudian penggiat teknologi informasi serta masyarakat umum

“Target kami, event ini dapat dihadiri oleh seluruh tim perwakilan sekolah baik siswa dan guru pendamping. Kemudian juga diihadiri pula oleh stake holder yang berkepentingan pada pelayanan publik sehingga meningkatkan antusiasme dan motivasi para peserta dalam berlomba,” katanya.

Rencana pelaksanaan Public Service Web Contest ditetapkan pada Sabtu-Minggu (8-9/2) mendatang di GOR Habitat Desa Kopyah Kecamatan  Anjatan.

Sekretaris Panitia, Renza Maulana Mahendra SKom bersyukur, rencana event yang didukung penuh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu ini mendapat respons yang baik dari berbagai sekolah. Sebabnya, peserta maupun pengunjung dapat menambah aware serta menjadi ajang untuk mensosialisasikan berbagai program dan produk yang efektif. (kho)

News Feed