oleh

Hero Minta Reklamasi Terkait RDMP RU-VI

INDRAMAYU-Anggota Komisi VI DPR RI dari daerah pemilihan Kabupaten Indramayu, Kabupaten/Kota Cirebon, Dr Ir HE Herman Khaeron MSi melakukan kunjungan ke Indramayu dan Cirebon, Sabtu (25/1).

Hero, sapaan Herman Khaeron, berdiskusi santai dengan GM Pertamina RU VI Balongan, Nur Qadim, beserta jajaran manajemen di Guest House Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu.

Hero mengungkapkan, kunjungan kali ini selain untuk mengetahui secara langsung aktivitas Pertamina RU-VI Balongan, juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Pertamina RU-VI Balongan terkait rencana pengembangan kilang. Dikatakan Hero, RDMP (Revinery Development Master Plan) atau pengembangan kilang ini akan menyangkut pengembangan kawasan, pengembangan luasan, dan berkaitan dengan sosial ekonomi.

Terkait RDMP fase I yang akan dimulai tahun 2021, Hero memberi masukan agar pengembangan kilang bisa dilakukan ke laut, dan bukan menggerus tanah darat. Untuk itu harus dilakukan reklamasi. “Kalau ke darat kan akan menggusur tanah rakyat, termasuk lahan pertanian. Saya berharap pengembangan bisa dilakukan ke laut, agar tidak mengurangi daratan,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Hero berharap RDMP fase I bisa selesai sesuai target yaitu selama 2,5 tahun. Kemudian bisa berlanjut ke RDMP fase II. “Jadi RDMP ini harus memberikan manfaat bagi negara dan masyarakat, dan dipastikan tidak menimbulkan persoalan di masyarakat,” tegasnya.

Dikatakannya, hasil dari kunjungan ini akan menjadi bahan dalam rapat dengar pendapat dengan direksi Pertamina di Jakarta. Dengan demikian diharapkan masalah-masalah yang akan menghambat bisa diantisipasi.

GM Pertamina RU-VI Balongan, Nur Qadim, mengapresiasi perhatian Herman Khaeron terhadap masyarakat Indramayu dan Cirebon. Menurutnya, usulan anggota Komisi VI DPR RI tersebut agar dilakukan reklamasi merupakan kewenangan pihak Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia di Jakarta. “Tentunya dari pihak MP2 yang tahu apakah sudah ada perbandingan secara ekonomis, antara menggunakan lahan darat atau reklamasi,” kata Nur Qadim.

Nur Qadim mengungkapkan, kinerja Pertamina RU-VI Balongan selama tahun 2019 untuk seluruh aspek cukup membanggakan. Baik aspek opearasional, HSSE, CSR dan yang lainnya. “Alhamdulillah semuanya baik dan sangat membanggakan,” tandasnya. (oet)

News Feed