oleh

H Tatang Sutardi Sukses Majukan PDAM, Dipercaya Jadi Ketua Perpamsi Jabar

Sosok Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu, H Tatang Sutardi SSos MSi, bukan nama asing di Kabupaten Indramayu. Ia dinilai sangat piawai dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Apa saja kiprah dan terobosannya?

ADUN SASTRA, Indramayu

TEKNOKRAT yang satu ini kembali diangkat menjadi Dirut PDAM Tirta Darma Ayu 2017-2021, untuk kali kedua.

Di bawah kepemimpinan pria asal Garut ini, PDAM Tirta Darma Ayu menjelma menjadi perusahaan yang lebih profesional dan modern. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Indramayu ini, bahkan terus mendapatkan kepercayaan dari sejumlah pihak.

“Kepercayaan akan datang dengan sendirinya jika perusahaan profesional. Inilah komitmen PDAM Tirta Darma Ayu Indramayu,” tuturnya  Tatang kepada Radar Indramayu, Kamis (23/1), di ruang kerjanya.

Tatang menjelaskan, dalam rangka terus menggenjot kinerja perusahaan, upaya yang dilakukan PDAM Tirta Darma Ayu adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya secara rutin mengirimkan karyawan, ke sejumlah lembaga pendidikan dan latihan (Diklat) nasional.

“SDM yang dimiliki PDAM Tirta Darma Ayu ini paling hebat loh. Makanya keunggulan yang telah dimiliki ini, berusaha untuk terus kita tingkatkan melalui kerja sama dengan balai diklat nasional,” jelasnya.

Sejumlah diklat yang rutin dilaksanakan PDAM Tirta Darma Ayu ini diantaranya adalah diklat pengolahan air, manajemen pemeliharaan serta diklat pengolahan pipa dan instalasi air. Diklat pemeliharaan dan pengoperasian genset juga menjadi prioritas PDAM Tirta Darma Ayu, dalam rangka mewujudkan kepuasan publik.

“Terus terang saat ini kami masih kekurangan tenaga maupun ahli bidang kelistrikan. Dengan rutin mengirimkan mereka (karyawan, red) untuk belajar dan berlatih, diharapkan menjadi sarana transfer of knowledge untuk kemajuan PDAM Tirta Darma Ayu,” tandasnya.

Kasubag Humas PDAM Tirta Darma Ayu Indramayu, Budi Suprihatin mengatakan, sejumlah terobosan dalam upaya mewujudkan kepuasan publik di era kepemimpinannya, menjadikan PDAM Tirta Darma Ayu menjadi salah satu PDAM terdepan di Jawa Barat. Tak salah, jika Pak Tatang didapuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Provinsi Jawa Barat.

“Ini merupakan kepercayaan yang diamanatkan rekan-rekan PDAM kabupaten/kota di Jawa Barat kepada beliau. Tugasnya adalah mendorong kinerja PDAM di wilayah yang kurang berkembang, dengan melakukan sharing upaya peningkatan dan sistem pengelolaan SDM,” tegasnya seraya mengaku bangga seluruh jajaran managemen dengan kepercayaan yang diemben oleh Pak Tatang yang selama ini tegas dalam memimpin serta dekat dengan para pegawai. (*/adv)

News Feed