oleh

Dua Jembatan Permanen Dibongkar di Desa Patrol

INDRAMAYU- Dua jembatan permanen pada kali saluran pembuangan di Desa Patrol dan Bugel dibongkar, kemarin. Jembatan yang merupakan akses keluar masuk lahan PT Pertani itu dibongkar karena menjadi penyebab banjir di dua desa tersebut.

Bersamaan dengan pembongkaran dua jembatan, juga dilakukan normalisasi pada kali tersebut. Kali saluran pembuangan itu mengalami pendangkalan dan penyempitan. Sebelumnya, kali tersebut dinormalisasi dan pohon serta alang-alang yang tumbuh di sepanjang batantaran kali juga ditebangi.

Camat Patrol, Teguh Budiarso SSos MSi mengatakan, dua jembatan milik PT Pertani tersebut saat ini kondisinya nyaris bersentuhan dengan aliran. Ketika debit air naik, saluran itu tidak berfungsi dengan baik menghantarkan air ke hilir.

“Arus air tidak mengalir dan terbuang secara maksimal. Jembatan itu posisinya sangat rendah, sehingga menghambat arus. Belum lagi keberadaan sampah yang menyumbat pada dua jembatan tersebut. Pada akhirnya air pun meluap dan menyebabkan banjir,” ujarnya, Rabu (22/1).

Pembongkaran jembatan dilakukan dengan alat berat beko bantuan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu, sekaligus mengeruk kali. Normalisasi untuk yang kedua kali itu, agar kali lebih dalam lagi dan lebar. “Sekitar dua minggu yang lalu, kita menormalisasi kali ini. Sekarang kita normalisasi kembali dan membongkar dua jembatan tersebut. Upaya penanggulangan banjir ini kita loakukan bersama Polsek dean Koramil, serta Pemerintah Desa Bugelo dan Patrol,” kata Teguh. (kom)

News Feed