oleh

BPP Gandeng Kwaran Bangodua, Sosialisasikan Pertanian Masuk Sekolah

-Indramayu-412 views

INDRAMAYU- Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bangodua menggandeng Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Bangodua untuk mensosialisasikan pertanian masuk sekolah (PMS) di SMP Islam Baitush Sholeh Desa Karanggetas Kecamatan Bangodua, Rabu (23/1).

Dalam kesempatan itu, Koordinator BPP Kecamatan Bangodua, H Tarmina SP didampingi Penyuluh Karanggetas Karwati AMd mengatakan, sosialisasi pertanian masuk sekolah (PMS) untuk lebih dekat lagi mengenalkan bidang pertanian kepada pelajar mulai PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK sebagai generasi masa depan. Diakuinya, saat ini regenerasi petani semakin menurun dengan adanya pabrik-pabrik besar di kota yang butuh tenaga kerja, apalagi bisa bekerja di luar negeri dengan gaji yang menggiurkan. “Jangan sampai Kabupaten Indramayu sebagai lumbung padi nasional kehilangan sosok pahlawan pangan,” katanya.

Dengan program PMS, Lanjut Tarminah, peserta didik tidak sebatas dikenalkan pada sektor pertanian yang menggunakan alat-alat tradisional, namun juga dikenalkan teknologi pertanian yang lebih cangih, sehingga kesan petani bukan menjadi pekerjaan yang dihindari bagi generasi milenial, tetapi menjadi profesi yang menyenangkan dan menjanjikan.

Melalui program ini, lanjutnya, dapat menangkis anggapan bahwa profesi sebagai petani, atau usaha pertanian (agribisnis) bukan usaha yang menjanjikan atau usaha yang terkesan kampungan, kotor, dan kumuh, tetapi merupakan profesi yang sangat menjanjikan di masa depan dengan skill dan wawasan yang luas di bidang pertanian.

Sementara itu, Kwaran Bangodua Baman sangat mendukung adanya program pertanian masuk sekolah (PMS) yang diprogramkan BPP Bangodua. Hal itu, lanjutnya, sejalan dengan kegiatan kepramukaan dari Kwaran Bangodua  yakni Saka Taruna Bumi yang merupakan wadah bagi para pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan para anggotanya, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan nyata dan produktif serta bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.

“Kami akan ikut serta menyukseskan program PMS sesuia dengan visi misi Pramuka juga Saka Taruna Bumi yang terbagi dalam 5 krida, krida tanaman pangan, krida perkebunan, krida perikanan, krida peternakan, dan krida hortikultura,” ujarnya. (oni)

News Feed