oleh

320 Kader Posyandu Ikuti Pelatihan

-Indramayu-552 views

INDRAMAYU-Sebanyak 320 kader dari 63 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) se-Kecamatan Patrol mengikuti program pelatihan revitalisasi posyandu dari dana hibah Provinsi Jawa Barat tahun 2019.

Kegiatan mengambil tempat di Aula Kantor Kecamatan Patrol dan Aula Desa Patrol tersebut diadakan oleh Kelompok Kerja Fungsional (Pokjanal) posyandu bekerjasama dengan pemcam serta TP PKK kecamatan setempat.

Sejumlah pemateri dari Pokjanal posyandu, UPTD Puskesmas, UPTD Dalduk dan KB serta TP PKK dihadirkan selama pelatihan yang berlangsung secara bertahap mulai Senin-Kamis (20-23/1).

“Program revitalisasi posyandu tidak hanya membangun fisik posyandu saja, tetapi membangun kapasitas ilmu dan pengetahuan para kader. Meningkatkan kualitas kader dan peran posyandu sebagai garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar dan peningkatan gizi masyarakat dan revitalisasi,” terang Camat Patrol Teguh Budiarso SSos MSi didampingi Ketua Pokjanal Posyandu Kecamatan Patrol Drs H Solehudin.

Selain itu, kader tidak hanya diberikan pelatihan pengetahuan untuk masalah kesehatan tetapi juga pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi dengan masyarakat, dapat mengajak untuk bisa menerapkan pola hidup sehat.

Menurut Teguh, peran kader dalam penyelenggaraan posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat agar datang ke posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Karena itu kita juga memotivasi para kader ini untuk bisa berinovasi. Bagaimana caranya supaya masyarakat antusias datang ke posyandu. Seperti waktu dulu lewat lagu Aku Anak Sehat itu. Benar-benar booming dan menjadikan posyandu populer,” tuturnya.

Sementara itu, ketua TP PKK Kecamatan Patrol, Ny Hersi Pramanik menambahkan, dengan adanya kader-kader yang terlatih dan handal, lanjut dia, diharapkan mampu menurunkan angka kematian ibu dan anak (KIA) serta peningkatan IPM bidang kesehatan khususnya di wilayah Kecamatan Patrol.

Sejatinya, lanjut sekretaris camat Sukra ini, pelatihan kepada kader posyandu rutin diadakan oleh Pemcam Patrol, TP PKK, maupun lembaga terkait.

Sehingga melalui program pelatihan ini diharapkan mampu menyegarkan kembali pengetahuan serta pemahanan para kader agar pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat. “Setelah mengikuti pelatihan, para kader posyandu yang didominasi ibu-ibu rumah tangga mampu memahami pengelolaan posyandu, memahami tugas-tugas kader dalam penyelenggaran posyandu, memahami masalah kesehatan pada sasaran posyandu, dan menggerakkan masyarakat,” pungkasnya. (kho)

News Feed