oleh

Satu Kecamatan Masih Kosong, 157 Calon PPK Sudah Serahkan Berkas ke KPU

-Indramayu-434 views

INDRAMAYU-Hingga hari ketiga pendaftaran, Senin (20/1), sebanyak 157 pelamar anggota penitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 30 kecamatan sudah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Indramayu.

Dari jumlah tersebut 132 orang pelamar laki-laki dan hanya 25 orang pelamar perempuan. Pendaftaran masih dibuka hingga 24 Januari 2020 mendatang.

Dari 31 kecamatan, pendaftar paling banyak untuk sementara dari Kecamatan Indramayu (13 orang), kemudian Kecamatan Jatibarang (11 orang), Kecamatan Lohbener, Losarang, dan Bongas (masing-masing 9 orang), Sliyeg (8 orang), Lelea, Widasari, Anjatan, dan Kandanghaur (masing-masing 7 orang), Sukagumiwang (6 orang). Selanjutnya Kecamatan Kertasmaya, Cantigi, Terisi, Tukdana, Patrol (masing-masing baru 5 orang). Kecamatan lainnya jumlah pendaftar masih di bawah 5 orang. Satu-satunya kecamatan yang belum ada pendaftarnya adalah Gantar.

“Untuk masing-masing kecamatan nanti kita ambil 5 orang calon anggota PPK untuk dilantik, setelah melalui seleksi tentunya. Jadi secara keseluruhan akan kita rekrut sebanyak 155 orang untuk ditempatkan di 31 kecamatan,” kata Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fathoni.

Toni berharap, anggota PPK yang terpilih nanti memiliki kualitas dan kapabilitas seperti yang diharapkan. Sehingga akan mampu menjalankan tugas dengan baik sebagai penyelenggara pilbup di tingkat kecamatan.

Karena dari keseluruhan pelamar, ternyata mayoritas adalah sarjana atau lulusan S1 (82 orang). Kemudian lulusan SLTA/sederajat (59 orang), S2 (10 orang), dan diploma (6 orang).

Toni menjelaskan, tahapan selanjutnya setelah penelitian administrasi, mereka yang lolos akan mengikuti tes tertulis dengan menggunakan smartphone atau smartphone accited test (SAT). Selanjutnya, hasil tes tertulis akan diumumkan, dilanjutkan dengan minta tanggapan masyarakat. Apabila tahapan ini lolos, mereka akan menjalani tes wawancara. “Sesuai tahapan, pelantikan anggota PPK akan  dilaksanakan tanggal 29 Februari 2020,” tandasnya. (oet)

News Feed