oleh

Jalakmas Champhionship Ke-6 Berlangsung Sukses

-Indramayu-692 views

INDRAMAYU-Gerakan Pramuka Gugus Depan Indramayu 24.129-24.130 SMA Negeri 1 Anjatan kembali menghelat lomba Jalan Lintas Alam Ki Bagus Rangin-Nyi Kidang Mas (Jalakmas) Championship 2020.

Sebanyak 1.362 peserta dari 72 sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA  ambil bagian pada event yang dilaksanakan untuk yang keenam kalinya tersebut.

“Jumlah ini mencetak rekor dibanding penyelenggaraan sebelum-sebelumnya. Ini karena pada Jalakmas Champhionship 2020, ada kategori lomba untuk golongan Penegak atau tingkat SMA sederajat,” kata Ketua Penyelenggara Imam Fawzy ST kepada Radar Indramayu usai kegiatan, Senin (20/1).

Mengangkat motto Berani Beda Itu Hebat, dia mengklaim, penyelenggaraan Jalakmas Championship kali keenam ini berbeda dari sebelumnya. Dimulai dari tata cara pendaftaran yang menggunakan sistem online. Sehingga mempermudah peserta yang berasal dari luar dalam melakukan pendaftaran.

Kemudian, mengantisipasi waktu pelaksanaan molor hingga malam hari lantaran jumlah peserta membeludak, acara pembukaan dilangsungkan lebih awal yakni pada Sabtu malam (18/1) atau sehari sebelum hari H pelaksanaan yakni pada Minggu (19/1).

Imam Fawzy menjelaskan, Jalakmas Champhionship 2020 terbagi dalam 3 golongan yakni Penggalang SD/MI dan SMP/MTs. Terdapat 9 cabang yang diperlombakan. Yaitu Semaphore, Morse, Ragam Sandi, Ilmu Tajwid, Toga, KIM, Pengetahuan Pramuka, Dolanan dan Wawasan Nusantara.

Sedangkan bagi tingkat Penegak SMA/SMK/MA kegiatan meliputi LKBBT, Rover Ranger Race (3R) dan Pionering.

“Prinsipnya, penyelenggaraan Jalakmas kali ini bertujuan untuk menjadikan generasi muda yang memiliki jiwa, raga yang sehat. Positif, inovatif, kreatif, berkualitas, cerdas, tangguh dan berkarakter,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Anjatan, H Rastani SPd MPd mengaku bangga dan memberikan apresiasi suksesnya peyelenggaraan Jalakmas Champhionship 2020. “Bangga, karena dengan jumlah peserta membludak maka akan semakin banyak pula yang mengetahui kampus Smanja. Terlebih sebagian peserta berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Subang sampai Bandung,” tuturnya.

Di samping itu, kata Rastani, ada kemasan berbeda yang dilakukan oleh panitia sehingga event yang keenam ini benar-benar spektakuler, penuh inovasi dan kreativitas.

“Jalakmas Champhionsip ini sudah menjadi ikon kegiatan kepramukaan di sekolah kami. Akan terus diadakan, dilestarikan dan dikembangkan. Sebab melalui Jalakmas terdapat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta. Seperti meningkatkan keterampilan bidang kepramukaan, melatih kekompakan dan belajar berorganisasi dalam kelompok yang tidak didapatkan dalam kelas,” jelasnya. (kho)

News Feed