oleh

FIO UNJ Helat Lomba Atletik SD

-Headline-1.008 views

INDRAMAYU-Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta (FIO UNJ) bersama Forum Masyarakat Gudang Bangkit (FMGB) Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang menghelat lomba atletik.

Lomba yang berlangsung selama dua hari, dari Sabtu-Minggu (18-19/1) itu, diikuti sebanyak 150 siswa dari sekolah dasar yang ada di Desa Jatibarang Baru, dengan melombakan dua cabor atletik yakni lari cepat 60 meter putra/ putri, dan lari estafet miks beregu antar SD.

Acara pembukaan yang digelar di Gedung Gudang Bangkit Blok Gudang Desa Jatibarang Baru dan Lapangan Bola Gama Jatibarang Baru dihadiri Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Olahraga UNJ Drs Mustara Musa MPd, Muspika Jatibarang, 150 mahasiswa UNJ, atlet atletik dan tim penggerak olahraga, serta tokoh pemuda dan masyarakat Jatibarang Baru.

Dalam kesempatan itu, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Drs Mustara Musa MPd menyatakan, lomba atletik yang dihelat Fakultas Olahraga UNJ, dalam rangka aktivitas di luar kampus, yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet cabang olahraga (cabor) atletik sejak dini di desa-desa, yang bisa dibina dan menjadi atlet berbakat di cabor atletik.

“Sangat mengapresiasi Forum Masyarakat Gudang Bangkit Desa Jatibarang Baru, dan tokoh pemuda owner  Rizal Game and Sport yang memberikan dukungan penuh. Di balik minimnya fasilitas olahraga dan pembimbing kegiatan olahraga usia dini, mereka mau membina anak-anak dalam pengembangan bakat olahraga, saya berharap para juara pada event ini bisa terus dibina dan bisa ditindak lanjuti oleh pihak yang berwenang,” kata Mustara yang juga Direktur Pelatnas PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Selain mengadakan lomba cabor atletik, Fakultas Ilmu Olahraga UNJ melakukan penanaman bibit pohon kelor.

Sementara itu, Coach Gudang Football Club (GFC) Abah Udin, didampingi ketua FMGB Desa Jatibarang Beni Mustajab mengatakan, lomba atletik bagi murid sekolah dasar, dapat memacu semangat anak-anak dalam mengembangkan bakat dan potensi di bidang olahraga. Sehingga, melalui kegiatan tersebut menjadi acuan bagi instansi terkait mulai dari sekolah, pemcam, sampai pemkab, dalan membina bibit-bibit atlet di tingkat desa terutama pada cabor atletik, seperti lari cepat dan estafet.

“Bisa melihat secara langsung bakat-bakat anak pada bidang atletik, sehingga bisa jadi acuan kita atau instasi terkait untuk mengembangkan bibit-bibit atlet sejak dini, dan suatu hari nanti bisa mewakili Kabupaten Indramayu pada event lomba bergengsi pada cabor atletik,” ujarnya.

Selain lomba etletik, mahasiswa UNJ juga mengadakan kegiatan lomba permainan atau games untuk anak-anak, pertunjukan seni tari topeng dari warga lokal, dan pencak silat dari mahasiswa UNJ, kegiatan bakti sosial penghijauan di Saluran Sojar, dan ditutup penyerahan bantuan sarana olahraga dari mahasiswa UNJ kepada Forum Masyarakat Gudang Bangkit (FMGB) Desa Jatibarang Baru.

Sementara, dari lomba lari cepat 60 putra tampil sebagai juara Tri Bagus Aprilianto dari SD PUI, dan Putri Indira Ramos dari SD Santo Yusup. Sedangkan untuk juara 1 cabor lari estafet yakni Sulis Tiawati, Muhamad Zaed, Tarmidi, Iqbal Kemas Al Faridzi, Ninda dari UPTD SDN 3 Jatibarang Baru. (oni/adv)

News Feed