oleh

Seniman Berharap Berkah Pilkada 2020

-Indramayu-481 views

INDRAMAYU– Nasib para seniman dan pelaku bisnis hiburan pesta hajatan rakyat di Bumi Wiralodra tak berbeda jauh dengan para petani dan nelayan di musim paceklik. Kelimpungan, lebih-lebih saat harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

“Lagi pada nganggur semua, paceklik,” ucap Anto, seniman asal Kecamatan Patrol, kepada Radar Indramayu, kemarin (17/1).

Dia mengungkapkan, sepi order mulai terjadi sejak akhir tahun lalu bersamaan dengan intensitas hujan tinggi. Meski pesta hajatan warga tetap ada, namun jarang yang menggelarnya ramai-ramai. Kondisi ini diperkirakan berlangsung sampai tiga-empat bulan kedepan sampai datangnya musim panen padi. “Itupun tidak menjamin pesta hajatan langsung ramai. Tergantung hasil panen padinya,” sambung dia.

Menurut bapak satu orang anak ini, bisnis pesta hiburan sangat bergantung dengan kondisi perekonomian para petani. Pasca musim panen raya dengan hasil padi melimpah, pesta hajatan marak. Begitu pula sebaliknya.

Demikian pula usaha lainnya seperti perdagangan dan jasa, selalu terdampak dengan kondisi ekonomi petani. Hal ini bukan tanpa sebab. Mayoritas masyarakat Kabupaten Indramayu bermata pencaharian sebagai petani. “Sekarang petani lagi paceklik. Kita juga sama,” ucapnya.

Demi menyambung hidup, dia memilih banting setir melakoni usaha lain. Mayorits kerja serabutan mulai dari narik ojek, kuli bangunan sampai ikutan bisnin jualan online.

Dirta, seniman organ tunggal lainnya membenarkan, jika musim paceklik ini bisnis hiburan rakyat mengalami krisis pertunjukan. Ini menyusul upaya penghematan yang dilakukan petani, ketimbang menggelar hajatan. “Ada sih yang tetap gelar hajatan, tapi tidak sampai ramai. Sederhana saja,” katanya.

Disinggung soal tahun politik menjelang Pilkada 2020, dia merasakan belum membawa efek signifikan terhadap para pelaku bisnis hiburan rakyat. Meski telah ramai kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati Indramayu, tetapi mereka jarang mengadakan acara besar-besaran yang menampilkan hiburan rakyat.

“Malah di wilayah Inbar sih tidak ada sama sekali. Mungkin belum waktunya kali ya. Mudah-mudahan, Pilkada nanti menjadi berkah bagi para seniman,” tuturnya. (kho)

News Feed