oleh

Peringati Hari AIDS Sedunia Gelar Jambore

-Indramayu-415 views

INDRAMAYU–Pemerintah Kecamatan Bongas menggelar Jambore Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2020, Sabtu-Minggu (18-19/1). Bekerjasama dengan Yayasan Kusuma Bongas, UPTD Puskesmas Bongas, Gerakan Pramuka serta stake holder terkait, Jambore mengambil tempat di lapangan sepak bola Desa Margamulya.

Panitia pelaksana, Sulistiani Andan Dewi menjelaskan, Kecamatan Bongas telah menyelenggarakan kegiatan serupa dalam empat tahun terakhir. Jambore HAS tahun 2020 ini merupakan bagian dari  Program Kesehatan Reproduksi Remaja di Kecamatan Bongas yang telah dilaksanakan semenjak tahun 2015 dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja Bongas dalam kesehatan reproduksi remaja termasuk upaya pencegahan HIV.

Program ini telah menjangkau murid-murid sekolah SD, SMP dan SMA sederajat dan anggota kelompok remaja komunitas di Kecamatan Bongas`

“Melalui acara HAS tahun 2020 ini, kami berharap dukungan dari jajaran pemerintahan, maupun organisasi kemasyarakat, untuk terlibat mendukung remaja Bongas dalam bentuk Jambore perkemahan Sabtu Minggu,” kata dia kepada Radar Indramayu, Jumat (17/1).

Jambore HAS 2020 sendiri akan diisi  yang akan diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba Tapak Kemah, Hiking 4 Pos & Yelling HIV/AIDS, lomba Dance4Life dalam rangka pencegahan HIV, lomba Hasta Karya Remaja Peduli HIV dan Kesehatan Reproduksi.

Kemudian ada lomba kreasi seni dan budaya tradisional menampilkan kreasi seni remaja Bongas. Lomba Rangking 1 yakni kuis-kuis mengenai HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi.

“Bukan hanya lomba-lomba saja, dalam kegiatan Jambore HAS ini juga akan menjadi ajang penentuan Duta Kesehatan Reproduksi Kecamatan Bongas, PE terbaik, Duta Sosial Media, juga guru dan pembina terbaik,” terang dia.

Sementara itu, Camat Bongas Iing Kuswara SSTP MSi menyambut baik kegiatan Jambore HAS. Menurutnya, upaya pencegahan HIV harus me-libatkan semua lapisan masyarakat. Terutama kaum remaja yang mempunyai kerentanan tinggi.

Karenanya, Pemerintah Kecamatan Bongas mengajak semua pihak terkait, baik dari jajaran pemerintahan, pihak swasta, dan masyarakat luas, untuk bersama-sama memerangi ancaman penyebaran virus HIV yang mengancam seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Indramayu.

“Hari AIDS se-dunia ini menjadi momentum yang tepat untuk mengajak kembali seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Indramayu terutama Kecamatan Bongas untuk lebih peduli dan mendukung program pencegahan HIV,” tandasnya. (kho)

 

News Feed