oleh

Siaga Darurat Bencana Belum Dicabut, BPBD Bantu Sembako untuk Korban Banjir

INDRAMAYU-Kendati banjir di beberapa wilayah kecamatan yang terdampak sudah surut, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, tetap melakukan siaga. BPBD terus memantau wilayah yang rawan banjir dan berkoordinasi dengan jajaran dinas instansi terkait, serta pemerintah kecamatan dan desa.

Kepala BPBD Kabupaten Indramayu, H Edi Kusdiana mengatakan, siaga darurat bencana masih diterapkan, sehubungan hujan diprekdisi masih terjadi hingga Mei.

BPBD juga masih menempatkan personelnya di kantor kecamatan yang terkena dampak banjir kemarin. “Personel kami masih kita tempatkan untuk mendekatkan informasi. Kalau ada kejadian, kita akan lebih cepat mengambil tindakan. Namun, kami berharap tidak ada banjir lagi maupun kejadian bencana alam di Kabupaten Indramayu,” ujarnya kepada Radar Indramayu, Selasa (14/1).

Dalam upaya menanggulangi banjir, lanjut Edi, dari dinas intansi terkait juga akan melakukan perbaikan terhadap saluran saluran yang menjadi pemicu banjir. Karena, terjadinya banjir selain dari curah hujan yang tinggi, juga saluran pembuangan yang ada tersumbat.

Dijelaskan Edi, banjir yang terjadi pekan kemarin, selain merendam ratusan rumah warga dan fasilitas umum, serta areal persawahan, juga terdapat puluhan rumah rusak. Untuk itu, lanjut Edi, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga memberikan perhatian terhadap rumah rusak tersebut. Pemkab dan BPBD akan bekerja sana dengan Baznas Indramayu untuk memperbaiki rumah warga korban banjir yang rusak.

“Para korban banjir juga sudah kita berikan sembako maupun beras. Kita berikan kepada korban banjir di Kecamatan Sukra dan Patrol. Karena dua kecamatan tersebut, terdapat banyak warga yang terdampak banjir,” kata Edi. (kom)

News Feed