oleh

Plt Bupati Dukung Nelayan ke Natuna

INDRAMAYU-Plt Bupati Indaramayu H Taufik Hidayat SH MSi, mendukung instruksi mobilisasi kapal nelayan ke perairan Natuna yang disampaikan pemerintah. Meski demikian, Taufik mengakui kalau sampai saat ini secara formal belum ada surat dari pemerintah pusat terkait program tersebut.

Dikatakan Taufik, pemerintah pusat mestinya mengirimkan surat kepada pemerintah daerah terkait hal tersebut. Karena pemerintah daerah juga harus tahu mekanismenya seperti apa, dan bagaimana pula dengan jaminan keamanan bagi para nelayan selama berada di sekitar kepulauan Natuna.

“Pada prinsipnya kami mendukung. Hanya saja semuanya harus dipersiapkan secara matang. Bagaimana kesiapan kapal, kesiapan ABK, kesiapan surat-surat perizinan dan yang lainnya. Kita tidak mau nelayan kita sengsara berangkat kesana akibat kesiapan yang kurang,” kata Taufik, Senin (13/1).

Sebelumnya, salah seorang pemilik kapal, H Maman Suparman Yahya juga mendukung instruksi tersebut. Namun yang menjadi persoalan, kata dia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) harus mempermudah pengurusan izin tangkap ikan bagi nelayan sebelum berangkat ke Natuna.

“Kami pada prinsipnya siap ke Natuna. Karena kita kesana bukan hanya mencari ikan, namun juga ikut menjaga perairan Indonesia dari gempuran kapal-kapal Cina. Tapi tolong, pembuatan SIPI atau surat izin penangkapan ikan dipermudah dan dipercepat,” kata H Maman.

Dikatakan Maman, hal ini sangat penting demi memproteksi para nelayan selama melaut di wilayah perairan ZEE Indonesia tersebut. Apalagi menurutnya, sebagian besar kapal yang telah memiliki izin (SIPI), wilayah penagkapannya adalah di kawasan Papua. Sementara untuk di kawasan Natuna belum ada. “Kami minta jaminan dari KKP terkait kelengkapan SIPI atau perizinan, karena SIPI merupakan nyawanya kapal,” kata Maman. (oet)

News Feed