oleh

DKM Al Barokah Sukseskan Magrib Mengaji

INDRAMAYU- Program Magrib Mengaji yang digagas Pemkab Indramayu mendapat sambutan baik dari para pengurus masjid dan musala. Salah satunya Musala Al Barokah Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang. Para pengurus DKM Al Barokah siap menyukseskan program magrib mengaji.

Kesiapan itu disampaikan Ketua DKM Al Barokah Junedi kepada Radar Indramayu, kemarin. Junedi menilai, program yang sudah dicanangkan Pemda Indramayu akan membawa dampak yang baik bagi masa depan masyarakat Indramayu. Melalui program magrib mengaji, kata Junedi, dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak khususnya pada pengetahuan agama dan dalam pendidikan baca tulis quran (BTQ).

Menurutnya, pendidikan agama sangat penting diajarkan sejak dini. “Sebenarnya magrib mengaji sudah jadi ageda harian di masjid dan musala, tetapi dengan adanya program magrib mengaji yang diinstruksikan Pemda Indramayu kepada desa, program ini menjadi kegiatan yang harus dilaksanakan bagi masyarakat Indramayu,” tuturnya.

Selain diberikan pemahaman tambahan tentang agama dan pelajaran BTQ, lanjut Junedi, program magrib mengaji jadi sarana tepat dalam program pembinaan akhlak anak dan remaja. Sehingga, output program mengaji bukan hanya mencetak anak-anak dan remaja yang mahir dalam baca tulis quran, tetapi mampu membentuk akhlak anak-anak dan remaja lebih baik lagi.

“Khusus para remaja, di usia ini butuh pembinaan yang lebih rutin dan mendapat perhatian yang lebih karena di masa inilah anak mulai mencari jati dirinya sendiri, mudah terbawa pergaulan. Pelajaran agama inilah yang jadi benteng mereka bisa nilai sendiri apakah pergaulannya baik atau tidak,” terangnya.

Hal senada dikatakan Pengurus DKM Al Kautsar Ono. Menurutnya, program magrib mengaji sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat Indramayu, terutama bagi orang tua yang harus selalu memantau anak-anaknya dari usia dini sampai usia remaja.

“DKM sih siap menyukseskan, akan tetapi harus disertai peran dari orang tua. Untuk itu perlu sosialisasi ke masyarakat langsung tentang program magrib mengaji agar orang tua sadar pentingnya pendidikan agama bagi anak-anaknya. Karena sekarang mulai jarang orang tua yang perintah anaknya saat magrib untuk ke masjid dan musala,” ujarnya. (oni)

News Feed