oleh

Toto Sucartono Pilih Jalur Independen, Galang Dukungan Masyarakat

INDRAMAYU-Bakal calon Bupati (Bacabup) Indramayu Toto Sucartono, sepertinya akan memilih jalur independen (nonpartai) pada pilbup Indramayu 2020. Ditemui usai salat Jumat di Masjid Agung Indramayu, Toto menegaskan, kalau dirinya tidak ikut penjaringan bacabup.

“Saya kan sampai saat ini tidak ikut penjaringan bakal calon bupati di partai manapun. Jadi satu-satunya jalan ya lewat jalur independen. Tapi saya juga akan melihat dulu bagaimana respons masyarakat Indramayu terhadap saya,” kata Toto kepada Radar Indramayu.

Toto juga mengatakan kalau sampai saat ini dirinya belum melakukan gerakan apapun, termasuk pemasangan baliho seperti bakal calon lainnya. Kalaupun ada sejumlah spanduk dukungan terhadap dirinya, Toto mengaku kalau itu atas inisiatif masyarakat sendiri. “Itu yang masang masyarakat sendiri. Saya belum bergerak apa-apa,” ujarnya.

Toto yang mengaku masih sibuk dengan pekerjaannya di Surabaya mengungkapkan, pihaknya masih menunggu perkembangan hingga sebulan kedepan. Kalau memang dukungan dari masyarakat cukup signifikan, tuturnya, maka tidak menutup kemungkinan untuk maju melalui jalur independen.

Sebagai indikator untuk melihat sejauh mana dukungan masyarakat terhadap dirinya, Toto juga akan menggelar kegiatan Jalan Sehat pada tanggal 2 Februari 2020, dengan berbagai hadiah. Menariknya, peserta jalan sehat harus mengisi formulir yang berisi dukungan terhadap Toto Sucartono, dilampiri dengan fotokopi KTP. “Saya sengaja menggelar kegiatan jalan sehat untuk mengetahui seberapa besar dukungan masyarakat terhadap saya,” ungkapnya.

Toto mengatakan, apabila peserta jalan sehat bisa mencapai di atas 100.000, maka dirinya akan maju melalui jalur indepanden. Namun kalau kurang dari jumlah tersebut dirinya akan berpikir ulang. Pasalnya, jumlah dukungan minimal yang disyaratkan KPU bagi calon independen minimal 87.000 lebih.

“Memang tidak mudah untuk mencapai di atas 100.000. Tapi laporan sementara sampai saat ini pendaftar sudah mencapai 75.000-an,” ungkap Toto. (oet)

 

 

 

News Feed