oleh

Sulap Tanggul Sungai Cimanuk Lebih Berwana

INDRAMAYU- Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang, kini lebih berwarna dan menarik. Atas inisiasi komunitas pemuda setempat, mereka menyulap tanggul Sungai Cimanuk dengan cat dan lukisan di tembok tanggul sepanjang 100 meter.

Kegiatan itu dilakukan untuk mengenang peristiwa jebolnya Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong, pada 16 Maret 2015 lalu yang merendam ribuan pemukiman warga di Desa Pilangsari sampai jalan pantura.

Ketua Karang Taruna Mekarsari, Desa Pilangsari, Sakam menyatakan, melukis tembok Tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong dilakukan sejak Desember 2019 yang lalu, dengan melibatkan semua elemen masyarakat sekitar termasuk di dalamnya anak-anak.

“Inisiatif dari Komunitas Peduli Pilangsari dan Komunitas Lentera Selawe. Adapun tenaga dari swadaya masyarakat ,” ucap Sakam, Minggu (12/1).

Dikatakan Sakam, kegiatan melukis yang digagasnya itu untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, dan memunculkan keinginan untuk menjaga dan merawat tanggul agar kejadian pada tahun 2015 lalu tidak terulang kembali.

Rencananya, kata Sakam, daerah tanggung yang akan dilukis dari Blok Cilengkong sampai Blok Kempluk. “Bukan hanya dengan mengecat tangul berwarna warni, tetapi ada lukisan-lukisan mural yang berisi pesan bijak, agama, dan budaya,” ujarnya.

Sementara itu, Nuradi (44) mengatakan, sangat mengapresiasi langkah yang diambil komunitas pemuda Desa Pilangsari yang mampu menuangkan ide-ide kreatifnya dengan mengubah tembok tanggul Sungai Cimanuk di Blok Cilengkong yang pernah jebol pada 5 tahun yang lalu dengan lukisan yang indah.

“Menarik sekali. Tanggul yang sebelumnya hanya tembok beton, kini kondisi jauh berubah 180 derajat, jadi penuh warna. Selain itu, dengan lukisan yang ada memiliki makna rasa kepedulian warga setempat ingin merawat tanggul,” ujarnya. (oni)

News Feed